BI Kalteng Dorong Anggota FKM 2024 Tulis Berita Ekonomi Akurat dan Memikat

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Taufik Saleh (tengah) saat menyampaikan sambutan dalam pembukaan Forum Komunikasi Media (FKM) BI Kalteng tahun 2024 di Yogjakarta, Kamis (2/5).(Media Dayak/Asep) 

Yogayakarta, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Bank Indonesia (BI) Kalteng mendorong wartawan yang tergabung Forum Komunikasi Media (FKM) Kalteng tahun 2024 untuk menulis berita yang akurat dan memikat.

Kepala Kantor Perwakilan BI Kalteng, Taufik Saleh mengatakan, menulis berita yang akurat dan memikat akan sangat membantu pemerintah dan masyarakat dalam menjelaskan berbagai situasi yang sedang terjadi.

“Kemarin saya berkunjung ke Taman Nasional Tanjung Puting dan baru tahu kalau jumlah pengunjung ke sana dibatasi setiap harinya. Dengan menulis berita secara akurat dan memikat, wartawan dapat menjelaskan alasan terjadinya pembatasan pengunjung sehingga dapat diterima masyarakat dengan baik,” katanya, (1/5/2024) di Yogyakarta.

Taufik Saleh menjelaskan, pembatasan jumlah pengunjung ke Taman Nasional Tanjung Puting dilakukan dengan alasan untuk menjaga ekosistem di daerah tersebut. Dalam hal ini, Wartawan dapat menulis berita tentang pentingnya menjaga ekosistem yang dapat mempengaruhi sektor ekowisata.

Di satu sisi, Taufik Saleh berharap anggota FKM semakin meningkatkan kapabilitasnya mengenai kebank sentralan BI, kebijakan ekonomi dan lain sebagainya. Sehingga masyarakat dapat terus memahami peran dan fungsi BI.

“Saya berharap para wartawan yang ikut dapat mendalami pengetahuan tentang ekonomi sehingga dapat membuat berita yang lebih akurat dan memikat serta bermanfaat,” tutupnya.

FKM 2024 berlangsung 1-4 Mei 2024. Kegiatan dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pelatihan dan sesi kunjungan wisata.

Sesi pelatihan menghadirkan tiga pemateri, yaitu Wakil Redaktur Pelaksana Harian Kompas dan Direktur Kompas Institue, Andreas Maryoto menyajikan materi Penulisan Warta Ekonomi dan Pemahaman Narasi Data dan Grafik. Kepala Divisi Relasi Media Masa dan Opinion Maker dari Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Syachman Perdymer dengan materi pelatihan Pengenalan Tugas dan Fungsi BI dan Komunikasi Kebijakan Moneter Bank Indonesia, dan Kontributor Kalteng Pos, Arief Kamala menyampaikan materi Teknik Pengambilan Foto yang Baik dan Menarik menggunakan gawai.

Sesi kunjungan wisata berlangsung ke Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) produksi Rengginang, produksi jamur, pembuatan gerabah, peternakan lebah, dan diakhiri dengan wisata ke candi Borobudur.(aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait