Asrama Mahasiswa Nusantara Berkomitmen Siapkan SDM Berkualitas

Oleh : Ahmad Dzul Ilmi Muis )*

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN), termasuk AMN Manado berkomitmen sangat kuat untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM), khususnya dari kalangan para pemuda yang berkualitas tinggi. Komitmen tersebut merupakan langkah Pemerintah Republik Indonesia (RI) melalui Badan Intelijen Negara (BIN) selaku inisiator AMN Manado supaya banyak dari generasi muda penerus bangsa menjadi SDM yang berkualitas.

Bacaan Lainnya

Tentunya keberadaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas itu menjadi hal yang sangat penting karena mampu menunjang dan membantu peningkatan atau kemajuan negara bahkan dalam berbagai bidangnya. Menerangkan bagaimana pentingnya keberadaan SDM yang berkualitas, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa saat ini semua negara sedang berkompetisi di berbagai bidang. Kemudian untuk bisa memenangkan kompetisi atau persaingan antarnegara tersebut, maka menjadi sangat penting keberadaan sumber daya manusia yang unggul.

Kompetisi antarnegara benar-benar terjadi, bahkan bukan hanya antara negara Barat dengan Timur saja, melainkan sebagai contoh, antar satu negara ASEAN dengan lainnya pun sebenarnya seluruhnya salung berkompetisi, mereka semua saling berebut investasi, saling berebut teknologi. Dengan keberadaan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas, hal tersebut menjadi kunci agar Indonesia mampu memenangkan segala persaingannya dengan berbagai negara lain bahkan dalam hal apapun.

Untuk bisa mewujudkan adanya SDM yang unggul dan berkualitas tersebut, maka hal pertama yang terpenting adalah memang mulai dari membangun dari lingkup terkecil, yakni keluarga, kemudian upaya untuk menjaga keseimbangan pertumbuhan generasi penerus hingga percepatan penurunan angka gagal tumbuh atau stunting serta tentunya dalam dunia pendidikan. Berkaitan dengan itu, jika berbicara dalam dunia pendidikan, maka jelas peranan lembaga pendidikan menjadi sangat penting pula. Bahkan sejak pendidikan pada tingkat awal atau Sekolah Dasar (SD) hingga pada tingkat tinggi atau perguruan tinggi.

Oleh karenanya, Pemerintah RI kemudian mempercayakan BIN sebagai inisiator dalam pembangunan AMN, yang sebelumnya juga telah berdiri sangat megah di Kota Pahlawan Surabaya dan kini hadir di Manado, serta nantinya akan terus dibangun di berbagai titik lain seperti Jakarta, Yogyakarta, Makassar dan Malang.

AMN Manado jelas mampu menjawab seluruh kebutuhan akan upaya peningkatan kualitas SDM, khususnya pada bidang pendidikan sehingga mendatangkan kegiatan belajar dan mengajar yang sangat pemuda minati, serta mampu terus mengembangkan bakat minat mereka.

Pembangunan AMN di Manado terus mengalami perkembangan pesat dan menunjukkan hasil yang positif. Kasubdit Wilayah III Direktorat Prasarana Strategis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Endra Bekti mengungkapkan bahwa pembangunan fasilitas AMN di Manado terus berproses. Tak hanya itu, Kementerian PUPR bersama dengan kontraktor terus melakukan percepatan pembangunan, khususnya di wilayah Blok A atau Gedung Asrama Putra.

Sebelumnya, Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Ir. Essy Asiah menyampaikan bahwa tujuan dari pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara itu adalah sebagai wadah untuk mempersatukan para pemuda dari berbagai macam latar belakang.

Persatuan dan kesatuan yang nyata dari generasi muda penerus bangsa itu akan terwujud, yang mana mereka dari berbagai suku bangsa, bahasa, budaya, agama dan juga dari berbagai daerah di Indonesia serta berbagai perguruan tinggi, seluruhnya mampu bersatu dalam AMN Manado dalam rangka untuk menyiapkan SDM yang berkualitas.

Jika seluruh anak muda tersebut bersatu, maka mereka jelas mampu saling menghargai keberadaan budaya satu sama lain, terus menjaga kerukunan, kekompakan dan memperkuat hubungan antar anak bangsa dalam bingkai NKRI. Tidak hanya sekedar berkualitas, namun lembaga pimpinan Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan melalui pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara juga berkomitmen sangat kuat untuk menyiapkan SDM yang berintegritas serta memiliki karakter kebangsaan yang kuat.

Dalam hal ini, pemerintah juga merancang pembangunan AMN Manado sedemikian rupa sehingga terwujud konsep bangunan green building (bangunan hijau), yang mana menjadikan operasi dan pemeliharaannya menjadi jauh lebih baik.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulut, Steve HA Kepel memberikan apresiasi sangat tinggi kepada semua pihak yang telah merealisasikan proyek pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara tersebut, khususnya BIN. Adanya dukungan dari berbagai pihak, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah (Pemda) setempat hingga seluruh pemangku kepentingan lokal tentunya menjadi pondasi yang sangat kokoh bagi kesuksesan pembangunan AMN Manado.

Terlebih, pembangunan gedung yang berdiri di atas lahan seluas 5 hektare itu bukan hanya sekedar menjadi bangunan fisik semata, melainkan juga menjadi simbol bagaimana komitmen kuat pemerintah dan BIN terhadap pembangunan sumber daya manusia di Indonesia. Melalui adanya AMN Manado, maka terwujud penciptaan sebuah lingkungan yang sangat kondusif bagi seluruh mahasiswa dari berbagai macam daerah di Indonesia sehingga mereka bisa belajar, berkreasi dan berkolaborasi satu sama lain untuk mendukung penuh kemajuan bangsa.

Penyiapan akan keberadaan SDM, khususnya dari kalangan para pemuda yang berkualitas terjadi pada realisasi pembangunan AMN di Manado dengan komitmen kuat semua pihak, khususnya Pemerintah melalui BIN, maka bukan tidak mungkin akan menjadikan negara ini menang dalam bersaing dengan bangsa lain.

)* Penulis adalah Alumni Fisip Unair

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait