Aktivis Nilai Keberadaan AMN Manado sebagai Entitas Pencerahan bagi Pemuda Bangsa

Oleh: Grace Kandouw

Salah seorang aktivis mahasiswa menilai bahwa keberadaan AMN Manado merupakan sebuah entitas pencerahan bagi seluruh pemuda bangsa. Tentunya bukan tanpa alasan mengapa anggapan tersebut muncul. Pasalnya, program itu mampu menjadi wadah bagi semua aktivitas generasi muda.

Bacaan Lainnya

Memang, Pemerintah Republik Indonesia melalui Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) membangun Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) di Manado untuk mewadahi segenap aktivitas para anak muda di sana.

Namun, tidak hanya sekedar menjadi wadah bagi aktivitas pemuda saja, melainkan AMN Manado juga mampu menjadi tonggak penyatuan generasi muda yang berasal dari berbagai macam latar belakang serta ideologi.

Dwi Purnama selaku aktivis mahasiswa Manado, menilai bahwa Asrama Mahasiswa Nusantara memiliki kekuatan yang sangat besar untuk mendorong terjadinya persatuan dan kesatuan antar masyarakat di Indonesia, yang menggerakkan para pemuda.

Meski memang Indonesia sejatinya merupakan sebuah negara yang di dalamnya terdiri dari beragam sekali latar belakang masyarakat saling berbeda satu sama lain, mulai dari adanya keragaman budaya, agama hingga suku, akan tetapi dalam AMN Manado, semangat persatuan dan kesatuan mampu terwujudkan dengan sangat baik.

Terlebih, dorongan untuk mempersatukan bangsa dengan menggerakkan anak muda itu terjadi melalui pendekatan yang tepat, yakni dengan cara berdialog, berdiskusi dan juga adanya beragam kegiatan sosial untuk membangkitkan kesadaran dan kepekaan sosial mereka.

Dengan demikian, karena adanya pendekatan yang sangat tepat tersebut, maka lembaga pimpinan Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan itu mampu terus menumbuhkan rasa persaudaraan yang sangat kuat, khususnya kepada seluruh anak muda penerus generasi bangsa mendatang.

Tidak luput juga, Pemerintah RI melalui BIN melangsungkan berbagai macam kegiatan lain yang sangat positif dalam AMN Manado yang secara khusus bertujuan untuk melatih atau mendidik pada pemuda agar mereka siap menjadi pemimpin masa depan bangsa nantinya.

Sebagai informasi, Asrama Mahasiswa Nusantara tersebut terus mengadakan banyak macam kegiatan seperti seminar, lokakarya dan juga banyak aksi sosial yang mampu menjadi ruang bagi para anak muda untuk saling berbagi gagasan, saling belajar dan mereka bisa mengalami pertumbuhan secara positif bersama-sama.

Seluruh kegiatan sangat positif yang para pemuda itu ikuti dalam AMN Manado memiliki tujuan untuk bisa meneruskan bagaimana cita-cita dari para pendiri bangsa terdahulu, sehingga seperti apa tumbuh kembang dari para anak muda itu akan terus terbayangi dengan cita-cita luhur bangsa.

Lebih lanjut, gedung yang berdiri di atas tanah seluas 5 hektar itu juga memiliki peranan yang sangat penting, karena mampu mendorong pembangunan kesadaran akan berbagai macam isu sosial dan politik yang relevan mengikuti perkembangan di Indonesia, sehingga menjadikan para mahasiswa yang ikut di dalamnya mampu terus terbuka pikirannya, serta mereka juga bisa terus mengikuti apa yang sedang terjadi di Tanah Air bahkan dunia.

Melalui banyaknya kegiatan sangat bermanfaat yang para pemuda itu rasakan dari AMN Manado, maka tidak mengherankan bisa menjadikan mereka mampu menyuarakan suara dari kaum yang tidak terdengarkan selama ini serta menjadikan generasi muda bangsa bisa memperjuangkan keadilan, kesetaraan dan juga Hak Asasi Manusia (HAM).

Para pemuda itu juga akan mendapatkan bekal yang sangat banyak seperti adanya penumbuhan semangat secara kritis dan proaktif, yang mana memungkinkan mereka untuk terus menunjukkan kontribusinya secara positif demi menciptakan sebuah perubahan bagi masyarakat sekitarnya.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui Sekretaris Provinsi (Sekprov) Steve Kepel mengatakan bahwa keberadaan Asrama Mahasiswa Nusantara di Manado tersebut bisa memberikan andil yang sangat berarti bagi pembangunan sumber daya manusia (SDM) di wilayah setempat.

Pasalnya, pembangunan AMN Manado sendiri bukan hanya menjadi pekerjaan fisik semata, namun juga menjadi simbol bagaimana komitmen kuat pemerintah dan Badan Intelijen Negara (BIN) untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi seluruh mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia untuk terus belajar.

Tidak hanya sekedar belajar, namun seluruh mahasiswa tersebut juga bisa terus berkreasi dan berkolaborasi untuk terus meningkatkan pembangunan di daerah Sulawesi Utara juga. Keberadaan gedung itu merupakan langkah yang sangat signifikan dalam mendukung penuh visi bangsa menciptakan generasi muda yang unggul dan siap bersaing bukan hanya di tingkat nasional, bahkan juga pada taraf internasional.

Terlebih, dalam pembangunannya, Asrama Mahasiswa Nusantara Manado juga menerapkan teknologi yang ramah lingkungan sebagai wujud dari pelestarian alam dan mampu terus menjaga keberlanjutan lingkngan.

Lantaran seluruh kelebihan tersebut, maka menjadi tidak heran mengapa aktivis menilai bahwa keberadaan AMN Manado merupakan salah satu wujud entitas pencerahan, khususnya bagi para pemuda bangsa karena mampu menyediakan ruang atau wadah bagi anak muda itu untuk terus tumbuh.

*) Mahasiswa Hukum Universitas Kristen Indonesia (UKI) Tomohon

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait