Yulistra Ivo Tegaskan Dekranasda Berkomitmen Kembangkan Produk Kerajinan UMKM dan Nilai Budaya Khas Kalteng

Ketua Dekranasda Kalteng Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran. (Media Dayak/MMC Kalteng)
 
Solo, Media Dayak 
 
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalteng Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran menegaskan pihaknya terus berupaya mendukung UMKM untuk dapat memperluas pemasarannya ke berbagai daerah.
 
Saat menghadiri Syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) di Alila Hotel Solo, Rabu (15/5/2024) yang dihadiri langsung Ibu Negara Iriana Joko Widodo selaku Pembina Umum Dekranas, Ketua Umum Dekranas Wury Maruf Amin, dan Ketua Harian Dekranas Tri Suswati Tito Karnavian, Ketua Dekranasda Yulistra Ivo menyampaikan karya wastra dan kriya bisa memunculkan keindahan dan keunikan budaya Kalteng sekaligus mendorong penguatan ekonomi. Menurutnya, produk-produk lokal dapat dikreasikan dan dikembangkan menjadi trend fashion yang modern tanpa menghilangkan unsur-unsur kebudayaan lokal. Contohnya, penguatan ekonomi berbasis Wastra Benang Bintik.
 
“Dekranasda Kalteng sebagai mitra pemerintah selalu berkomitmen mengembangkan produk kerajinan sekaligus melestarikan nilai-nilai budaya khas Kalteng melalui produk kerajinan yang dihasilkan para pengrajin,” ucap Yulistra Ivo 
 
Sebagai informasi, syukuran Peringatan HUT Ke-44 Dekranas yang mengusung tema “Tumbuh Bersama, Majukan Warisan Bangsa”. 
 
Mengutip akun Dekranas, Dekranas adalah organisasi nirlaba yang menghimpun pencinta dan peminat seni untuk memayungi dan mengembangkan produk kerajinan dan mengembangkan usaha tersebut, serta berupaya meningkatkan kehidupan pelaku bisnisnya, yang sebagian merupakan kelompok usaha kecil dan menengah (UKM).(MMC/Ytm/Lsn)
 
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait