Waspada ‘Aquaplaning’ saat Musim Hujan

Kepala Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya, Alman P Pakpahan. (Media Dayak/ IsenMulang)
 
Palangka Raya, Media Dayak
 
Hingga saat ini hujan dengan intensitas yang cukup lebat kerap kali melanda Kota Cantik Palangka Raya. Akibatnya menimbulkan genangan air pada beberapa ruas jalan yang dapat membahayakan pengguna jalan.
 
Oleh sebab itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya, Alman P Pakpahan meminta agar warga kota cantik yang menjalankan aktivitasnya dengan mengendarai kendaraan bermotor untuk waspada dengan ‘Aquaplaning’.
 
Aquaplanning sendiri yaitu berkendara dengan kecepatan tinggi dan dapat menyebabkan ban slip dan hilangnya cengkraman secara tiba-tiba yang disebabkan genangan air atau banjir.
 
“Oleh sebab itu, saya mengimbau kepada pengendara untuk menghindar dari genangan air selama masih memungkinkan demi menghindari kecelakaan,” kata Alman, Minggu (19/03/2023).
 
Selain itu, tambahnya Jika memang terpaksa menerjang genangan air, pastikan kendaraan melaju dengan kecepatan rendah dan konstan untuk mencegah kecepatan.
 
“Waspada dan berhati-hati ketika berkendara di kondisi hujan. Pastikan semua komponen kendaraan, seperti ban dan rem, dalam kondisi prima sebelum berkendara,” tutup Alman. (MCIM/Ytm/ Lsn)
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait