Waspada Aksi Kejahatan di Tempat Keramaian

 
Tampak keramaian pengunjung salah satu pasar Ramadan di kota Palangka Raya. (Media Dayak/ IsenMulang) 
 
Palangka Raya, Media Dayak
 
Ketua Komisi C DPRD Palangka Raya, Hasan Busyairi, mengimbau masyarakat di kota setempat untuk selalu waspada terhadap tindak kejahatan yang rawan terjadi. Seperti tindak kejahatan pencopetan, pencurian atau perampokan, hingga kejahatan dengan modus hipnotis.
 
“Iya, pada bulan ramadan ini warga Kota Palangka Raya diharapkan lebih berhati-hati pada saat berbelanja kebutuhan di pasar, atau saat berburu takjil ramadan,” ungkap Ketua Komisi C DPRD Palangka Raya, Hasan Busyairi, Minggu (2/4/2023).
 
Melihat kenyataan selama ini lanjut dia, tindak kejahatan seperti pencurian, perampokan hingga hipnotis kerap terjadi saat tingginya aktivitas masyarakat di bulan ramadan, dimana pelakunya sudah mengincar target korbannya yang membawa uang tunai banyak, atau juga membawa barang yang mencolok.
 
“Pelaku hipnotis akan menepuk bahu atau dengan berpura-pura menanyakan alamat, setelah korban telah dalam pengaruhnya maka pelaku akan mengambil barang yang dibawa oleh korban,” tukasnya.
 
Berkaca dari itu sambung Hasan, maka setiap warga harus memperhatikan kondisi tempat atau pusat perbelanjaan. Jangan sampai lengah dengan keadaan ramai. Karena saat ramai itulah banyak kesempatan dimanfaatkan oleh kelompok pencopet dan juga pelaku hipnotis.
 
“Jadi masyarakat harus berhati-hati dengan barang bawaannya saat beraktivitas di luar rumah, atau saat berbelanja keperluan,” jelasnya.
 
Hasan berharap, pihak berwajib baik kepolisian dan aparat penegak hukum lainnya, dapat terus menjaga keamanan dan ketertiban bagi masyarakat. Terutama dengan rutin melakukan patroli ke tempat yang rawan terjadi tindak kejahatan. (MCIM/Ytm/ Lsn)
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait