Warga Keluhkan Tarif Parkir Tidak Sesuai Aturan, Dishub Kota Langsung Turun Tangan

Tim Dishub Kota Palangka Raya turun langsung guna memberi arahan kepada Jukir di kawasan Jalan Brigjen Katamso Kota Palangka Raya, Rabu (17/4/2024).(Media Dayak/Dishub)

Palangka Raya, Media Dayak 

Bacaan Lainnya

Adanya laporan warga kota Palangka Raya yang merasa keberatan terkait biaya parkir di area Jalan Brigjen Katamso Kota Palangka Raya tidak sesuai ketentuan Perda, hal tersebut langsung mendapatkan perhatian dari Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya.

Sebagaimana diketahuinya pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Perhubungan (Dishub) menetapkan daftar tarif parkir resmi tertuang pada Perda Nomor 6 Tahun 2022.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya Alman P Pakpahan  mengatakan, tarif parkir Truck Gandeng, Trailer, Container dan sejenisnya dikenakan retribusi sebesar Rp15.000.

Sedangkan untuk jenis Bus, Truck Box dan sejenisnya dikenakan Rp10.000. Kemudian Pick up, Jeep dan sedan dikenakan Rp4.000.

Untuk kendaraan roda tiga dan sejenisnya dikenakan tarif Rp2.000, sedangkan gerobak dan becak dikenakan tarif retribusi parkir sebesar Rp1.000.

Alman P Pakpahan, melalui Tim Zona Lima Dishub Kota Palangka Raya menegaskan, jika ada oknum Juru Parkir (Jukir) yang meminta tarif parkir lebih dari harga yang ditetapkan sesuai Perda yang berlaku, maka masyarakat bisa melaporkan Jukir tersebut ke kantor Dishub.

“Terkait laporan yang disampaikan warga, kita akan menegur petugas Jukirnya, serta akan terus diawasi, dengan harapan supaya parkir-parkir ini bertugas sesuai SOP dan memungut kendaraan sesuai Perda yang berlaku,” tegasnya, Rabu (17/4/2024).

Kita dari Dishub Kota Palangka Raya lanjutnya, selalu sampaikan kepada Jukir yang ada agar sesuai SOP. “Sementara terkait Perda itu sudah berulang kali kita sampaikan kepada mereka, demikian pun terkait atribut juga kita sampaikan,” ungkapnya.

Lebih lanjut pihaknya menyarankan, bagi warga masyarakat yang mengalami tarif parkir melebihi batas ketentuan agar langsung lapor Dishub Kota Palangka Raya. 

Dihubungi terpisah, Pj Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu, mengapresiasi media serta seluruh masyarakat yang telah turut serta mengawasi penyelenggaraan parkir di Kota Palangka Raya.

“Setiap laporan warga masyarakat, akan kita tindaklanjuti untuk memastikan keamanan dan kesejahteraan masyarakat,” terang Hera Nugrahayu singkat (YM/Aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait