Wakil Rakyat Sampaikan Aspirasi Warga Desa Pararapak

Anggota DPRD Provinsi Kalteng Siswandi. (Media Dayak/ist)

Palangka Raya, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Anggota DPRD Kalteng, Siswandi mengungkapkan kebutuhan masyarakat terhadap ketersediaan drainase yang baik untuk mengelola debit air di perkebunan Nanas Parigi milik warga di Desa Pararapak, Kabupaten Barito Selatan.

“Hal ini perlu diperhatikan oleh pemerintah. Saat kami ke Pararapak, ternyata usaha unggulan utama masyarakat setempat yakni dari berkebun Nanas dan hasilnya usaha itu cukup baik dalam menopang kehidupan masyarakat,” bebernya kepada awak media, Jumat (13/5/2022).

Akan tetapi katanya melanjutkan, saat musim hujan produksi Nanas menurun, karena kebun kebanjiran. Maka oleh sebab itu mereka (masyarakat, red) mengusulkan adanya drainase.

Dikatakan politisi Partai Demokrat Kalteng ini, penyediaan drainase yang baik di yakini akan berdampak pada optimalnya hasil panen warga, sehingga dapat terus menjadi unggulan warga setempat.

“Apabila hasil panen warga ini optimal, maka pengolahan Buah Nanas ini tentu bisa saja bisa di jadikan berbagai produk lainnya, seperti selai, sirup, ataupun kripik. Dan semua ini tidak akan terpenuhi jika tidak ada dukungan dari pemerintah,” terangnya.

Siswandi berharap, dimasa yang akan datang pemerintah dapat meningkatkan perannya dalam mendukung usaha masyarakat, khususnya seperti warga pekebun Nanas di Desa Pararapak tersebut.

“Terkait pemasaran produk unggulan daerah ini juga bisa saja bekerjasama dengan pihak ketiga atau investor. Hal ini perlu dilakukan agar pemasaran bisa lebih luas lagi, tidak hanya di Barsel dan Kalteng, khususnya tapi bisa menjadi barang ekspor ke luar negeri,” tutupnya. (Ist/Ytm/Lsn)

image_print

Pos terkait

Berita Olahraga Pilihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.