1

Wakil Rakyat Dorong Pemda Kembangkan Wisata Edukasi

Anggota DPRD Provinsi Kalteng Duwel Rawing . (Media Dayak/ Yanting)
 
Palangka Raya, Media Dayak
 
Wisata Edukasi atau wisata pendidikan adalah suatu program yang mengkombinasikan kegiatan wisata dengan muatan pendidikan untuk ilmu pengetahuan.
 
Terkait hal tersebut, Anggota DPRD Kalteng, Duwel Rawing mengatakan bahwa di wilayah sebenarnya memiliki banyak potensi wisata alam yang bisa dijadikan sebagai wisata edukasi.
 
“Hanya saja dalam pengembangannya masih tergolong belum maksimal, sehingga ia menyarankan kepada pemda baik provinsi, kabupaten dan kota supaya dapat memaksimalkan pengembangan potensi wisata edukasi tersebut di Kalteng,” ujarnya akhir pekan lalu.
 
Di daerah ini katanya melanjutkan, kita punya banyak potensi wisata alam yang mengandung unsur edukasi. Seperti hutan sebangau, Punggu Alas, Tangkiling dan wisata alam lainnya. Berdasarkan pantauan kami ketika melaksanakan reses.
 
Mantan Bupati Kabupaten Katingan dua periode ini menilai, alam pengelolaan objek wisata tersebut sudah baik, akan tetapi perlu sedikit lagi sentuhan dan inovasi dari pemerintah setempat 
 
“Contoh memberikan kenyamanan kepada wisatawan yang berkunjung juga perlu diperhatikan baik itu sarana dan prasarana maupun fasilitas pendukung lainnya seperti akses jalan, keberadaan internet dan juga tempat menginap,” bebernya.
 
Lantaran sambungnya, beberapa objek wisata alam di Kalteng ini untuk menuju lokasi, ada yang masih menggunakan jalur sungai dan juga belum terjangkau jaringan internet serta keberadaan tempat menginap yang belum memadai.
 
Menurut politisi PDI-Perjuangan Kalteng ini, semua hal terkait tersebut, sangat penting untuk diperhatikan pemerintah kabupaten dan kota, karena wisatawan akan banyak berkunjung jika mengetahui sebuah objek wisata terlihat memadai dari berbagai segi selain keindahan alamnya.
 
“Nah pada sisi lainnya yang tidak kalah pentingnya juga promosi perlu dilakukan, akan tetapi sebelum melakukan promosi terhadap wisata tersebut, berbagai sarana dan fasilitas pendukungnya harus diperhatikan dan dibenahi lebih baik dan menarik lain,” pungkasnya (Ytm/Lsn)