Wakil Rakyat Berharap Pemda Terus Gelar Operasi Pasar Murah

 
Anggota DPRD Provinsi Kalteng Natalia. (Media Dayak/Dok DPRD Kalteng)
 
Palangka Raya, Media Dayak 
 
Sebagaimana diketahui Provinsi Pemprov Kalteng bersama pemkab/pemkot menggelar kegiatan Pasar Murah dan Pasar Penyeimbang serentak di kabupaten/kota se-Kalteng tiga bulan terakhir di tahun 2022 lalu.
 
Anggota Komisi II DPRD Kalteng, Natalia berharap Pemda baik provinsi maupun kabupaten dan kota melalui instansi terkait untuk terus melakukan dan menggencarkan operasi pasar. Terlebih saat ini sudah mendekati bulan Ramadan 2023.
 
“Operasi pasar perlu dilakukan untuk menyeimbangkan daya beli masyarakat. Pasalnya, saat ini harga sejumlah kebutuhan pokok masih mahal,” ujarnya menyarankan, Senin (23/1/2023).
 
Menurut Srikandi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Provinsi Kalteng ini, dengan datangnya bulan Ramandan, dikhawatirkan harga sejumlah kebutuhan pokok tersebut akan semakin mengalami kenaikan.
 
“Perlu adanya upaya antisipasi untuk menekan inflasi harga bahan pokok yang naik setiap kali datangnya hari besar keagamaan, sama seperti Ramadan. Menggencarkan operasi pasar bisa menjadi alternatif bagi pemda untuk menekan inflasi tersebut,” ungkapnya.
 
Lanjutnya, dengan melakukan operasi pasar dan menggelar pasar penyeimbang. Hal tersebut akan menjadi bantuan besar bagi masyarakat, khususnya masyarakat kurang mampu agar tidak semakin terbebani ketika terjadi lonjakan harga.
 
Lebih lanjut ia meminta Pemda untuk menyiapkan berbagai kebutuhan pokok sejak dini, seperti komoditas cabai, bawang, daging, dan komoditas lainnya yang diprediksi akan mengalami kenaikan harga selama bulan Ramadan.
 
“Komoditas yang berasal dari luar daerah hendaknya dipersiapkan pasokannya sejak dini. Sebab, saat Ramadan pastinya permintaan terhadap barang akan tinggi, kalau stoknya tidak ada maka harganya pasti naik. Diharapkan pemerintah bisa memperhatikan hal ini, termasuk juga mengawasi distribusinya,” tukasnya. (Ytm/ Lsn)
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait