Wagub Sosialisasikan Pelajar Gunakan Hak Pilihnya Dalam Pemilu Tahun 2024

Wagub Edy Pratowo saat membacakan sambutan, bertempat di SMAN 2 Palangka Raya, Senin (12/2/2024).(Media Dayak/MMC Kalteng)

Palangka Raya, Media Dayak

Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng Edy Pratowo menghadiri Kegiatan Sosialisasi dan Ikrar Peningkatan Partisipasi dalam Pemilu bagi Pelajar SMA/SMK/SLB se-Kalteng Tahun 2024, bertempat di SMAN 2 Palangka Raya, Senin (12/2/2024).
Kegiatan ini diadakan setiap pemilu 5 tahunan sekali menyasar kepada pemilih pemula bertujuan agar mereka bisa ikut untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih.
Wagub Kalteng Edy Protowo dalam sambutannya menyampaikan program pemilu dari pemerintah termasuk pesta demokrasi yang di dalamnya ada KPU untuk mengatur bagaimana pelaksanaan pemilu bisa berjalan dengan baik tertangani dengan partisipasi pemilih.
Edy Pratowo mengajak semua, khususnya pelajar SMA/SMK/SLB Se-Kalteng yang telah berusia 17 tahun ke atas dan memiliki KTP sebagai pemilih pemula untuk tidak Golput. Membawa kesadaran untuk bisa menentukan pemimpin. Baik Presiden, anggota DPR, DPD, DPRD provinsi kabupaten/kota.
“Pada tanggal 14 Februari nanti Pemilu akan digelar di seluruh tanah air termasuk di Kalteng, ayo kita datang ke TPS (Tempat Pemungutan Suara), gunakan Hak Pilih kita sesuai dengan hati nurani masing-masing. Suara kita, masa depan bangsa Indonesia,” ucapnya.
Lebih lanjut Komisioner KPU Harmain dalam sambutannya menjelaskan pelajar yang sudah memiliki E-KTP mengecek TPS tempat mendaftar di website dptonline.kpu.go.id, meski belum memiliki E-KTP, pelajar SMA/SMK/SLB masih tetap bisa menggunakan Hak Suara, asalkan sudah tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024, yang bisa dilihat atau dicek secara online/daring.
“Pelajar yang sudah terdaftar dalam DPT dapat hadir ke TPS dan akan mendapatkan surat pemberitahuan atau undangan beberapa hari sebelum pemilihan. “Pemilih yang terdaftar di DPT dapat mulai memilih mulai pukul 07.00 -13.00,” tegasnya.
Sementara itu di tempat yang sama Plt. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng M Reza Prabowo saat membacakan laporan mengatakan bahwa hari ini adalah momentum perdana untuk pengecekkan DPT secara online di Kalteng. Pelaksanaan Cek DPT Online ini ditujukan untuk seluruh pelajar SMA/SMK/SLB se-Kalteng.
“Mengingat hari ini adalah hari H-2 pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu tahun 2024, bagi siswa/siswi yang sudah memiliki hak pilih dan terdaftar dalam DPT, sekali lagi saya berpesan, gunakan hak suaranya, jangan disia-siakan, tunjukkan semangat anak muda untuk turut berperan serta aktif bagi kemajuan bangsa,” pungkasnya.
Hadir pula secara daring Kepala Sekolah bersama guru dan siswa/siswi SMA/SMK/SLB se-Kalteng. (MMC/YM/AW)
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait