Wagub Pimpin Upacara Peringatan Hari Jadi ke-22 Kabupaten Pulang Pisau

Wagub Kalteng Edy Pratowo saat pimpin Upacara Peringatan Hari Jadi ke-22 Kabupaten Pulang Pisau, Selasa (2/7/2024)(MMC Kalteng)

Palangka Raya, Media Dayak

Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng Edy Pratowo Upacara Peringatan Hari Jadi ke-22 Kabupaten Pulang Pisau, halaman Kantor Bupati Pulang Pisau, Selasa (2/7/2024)
 
Wagub Edy Pratowo menyampaikan apresiasi dan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pj. Bupati beserta seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau, anggota Dewan, dan Forkopimda atas berbagai keberhasilan pembangunan yang telah dicapai selama ini. 
 
Wagub juga menyampaikan apresiasi kepada para tokoh pendiri dan pendahulu, Bupati dan Wakil Bupati periode sebelumnya, Akademisi, Dunia Usaha, dan Insan Pers, serta seluruh elemen masyarakat, atas jasa, dedikasi, dan kontribusinya terhadap kemajuan pembangunan yang ada di Kabupaten Pulang Pisau.
 
Sebagaimana diberitakan, dalam usianya yang lebih dari dua dekade ini, berbagai progres positif pembangunan di segala bidang tentu sudah dirasakan. Salah satunya, pada tahun 2024 ini, Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau kembali mempertahankan Predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI, yang menjadi keberhasilan untuk ke-9 kalinya secara berturut-turut.
 
“Hal ini menjadi wujud kerja dan komitmen untuk melakukan tata kelola keuangan pemerintahan daerah yang baik, transparan, dan akuntabel, sesuai peraturan perundangan yang berlaku,” tutur Wagub.
 
Lebih lanjut Wagub mengapresiasi progres positif pembangunan di Kabupaten Pulang Pisau yakni pada bulan Mei lalu, berhasil mendapat penghargaan dari Kementerian Koperasi dan UKM RI, sebagai Daerah Kabupaten/Kota Terbaik III terbesar se-Indonesia dalam ajang Inabuyer Business To Business To Goverment Expo 2024, yang merupakan bentuk apresiasi atas dukungan pemanfaatan produk usaha mikro, kecil, dan koperasi dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah.
 
Edy berharap melalui Peringatan Hari Jadi Ke-22 Kabupaten Pulang Pisau ini hendaknya dapat menjadi momentum memperkokoh semangat kebersamaan, persaudaraan, dan persatuan, untuk bahu membahu memajukan pembangunan, meningkatkan kualitas pelayanan publik, dan menumbuhkan kemakmuran daerah.
 
“Kerja sama dan kolaborasi yang solid seluruh stakeholders dan elemen masyarakat harus terus dibangun, karena menjadi faktor kunci untuk mengatasi ragam tantangan ke depan yang jelas semakin berat, seperti globalisasi, digitalisasi, ancaman krisis pangan, IKN, dan bonus demografi,” ucap Wagub.
 
Pada kesempatan tersebut, Edy menekankan terkait kemandirian pangan yang harus benar-benar diupayakan bersama, sebagai langkah penting dalam menekan laju inflasi, untuk memastikan ketersediaan stok dan harga kebutuhan bahan pokok terjangkau oleh masyarakat, sekaligus untuk meningkatkan kesejahteraan dan menekan angka kemiskinan.
 
“Untuk itu, kita harus bahu-membahu mendukung keberhasilan Program Strategis Nasional Food Estate di Kabupaten Pulang Pisau, sehingga mampu menjadi daerah lumbung pangan Kalteng dan juga IKN,” tegasnya.
 
Lanjut ia mengungkapkan beberapa hal yang juga harus menjadi prioritas diantaranya pada sektor pendidikan dan kesehatan, pembangunan SDM Kalteng yang sehat, berkualitas unggul, dan berdaya saing, percepatan penerapan Sistem PemerintahanBerbasis Elektronik (SPBE), program-program infrastruktur perlu juga terus didorong, serta tepat meningkatkan kesiapsiagaan terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla).
 
“Pemprov sangat mendukung program-program strategis pembangunan kabupaten/kota, termasuk Pulang Pisau,” ungkapnya 
 
Menutup sambutannya, Wagub berpesan tepat tanggal 27 November mendatang, akan digelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak, mulai dari Gubernur dan Wakil Gubernur, Wali Kota dan Wakil Wali Kota, serta Bupati dan Wakil Bupati, termasuk di Kabupaten Pulang Pisau.
 
“Diharapkan seluruh masyarakat Kabupaten Pulang Pisau khususnya dan Provinsi Kalteng umumnya, untuk bersama-sama menyukseskan Pilkada tersebut, dengan menggunakan Hak Suara dan memelihara kerukunan, keamanan, dan kondusivitas di seluruh wilayah Provinsi Kalteng Kemudian, kepada semua ASN, agar tetap menjaga netralitas,” tutupnya (MMC/YM/Aw)
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait