Wagub Kalteng Lepas Keberangkatan Jemaah Calon Haji Kloter 6

Foto : Wagub Kalteng Edy Pratowo saat memberikan sambutan di acara pelepasan keberangkatan Jemaah Calon Haji Provinsi Kalteng Kloter 6 Embarkasi Banjarmasin Tahun 1443 H/2022 M di Aula Jeddah Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin Kalsel, Minggu (19/6/2022).(Media Dayak/MMC Kalteng)
 
Banjarmasin, Media Dayak
 
Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng Edy Pratowo didampingi istri Hj Nunu Andriani Edy Pratowo secara resmi melepas keberangkatan Jemaah Calon Haji Provinsi Kalteng Kloter 6 Embarkasi Banjarmasin Tahun 1443 H/2022 M. Acara pelepasan berlangsung di Aula Jeddah Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin Kalsel, Minggu (19/6/2022).
 
Pelepasan Jemaah Calon Haji Kloter 6 ditandai dengan penyerahan simbolis sarung dan mukena serta tambahan uang saku untuk Jemaah Haji yang diserahkan Wagub Kalteng H. Edy Pratowo kepada Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) Rahmad Fauzi.
 
Pada tahun 2022 ini, Kalteng memberangkatkan Jemaah Calon Haji berjumlah 752 orang yakni laki-laki berjumlah 349 orang dan wanita berjumlah 403 orang yang diberangkatkan secara bertahap. Jemaah Calon Haji yang diberangkatkan pada Kloter 6 berjumlah 360 orang berasal dari Kabupaten Kapuas, Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Sukamara, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Katingan, Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Murung Raya serta petugas haji daerah dan petugas kloter. 
 
Jemaah Haji Kloter 6 asal Kalteng ini akan diberangkatkan menuju Tanah Suci melalui Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor Banjarbaru, dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia GIA8106. Untuk kepulangan, Jemaah Haji Kloter 6 ini dijadwalkan tanggal 31 Juli 2022 terbang dari Jeddah menuju Tanah Air dengan pesawat GIA8206, dan diperkirakan tiba kembali di Banjarmasin pada 1 Agustus 2022 medatang.
 
Sebagai informasi bahwa Jemaah Calon Haji pada Kloter 5, yang diberangkatkan berjumlah 360 orang berasal dari Kota Palangka Raya, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Lamandau, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Gunung Mas serta petugas haji daerah dan petugas kloter. 
 
Adapun pada Kloter 7, Jemaah Calon Haji yang diberangkatkan berjumlah 32 orang berasal dari Kota Palangka Raya. Jadwal kepulangan Jemaah Calon Haji Kloter 6 dan Kloter 7 yakni pada 1 Agustus dan 2 Agustus 2022 mendatang.
 
Wagub Edy Pratowo Sugianto mengucapkan selamat menunaikan Ibadah Haji kepada seluruh Jemaah Calon Haji seraya mendoakan semoga menjadi Haji yang Mabrur.
 
“Agar memperoleh predikat Haji yang Mabrur, maka hal utama yang harus dilakukan yaitu diawali dengan luruskan niat, artinya niat yang tulus dan ikhlas semata-mata mengharap ridha Allah SWT, yang diikuti dengan melaksanakan seluruh rangkaian manasik haji,” tutur Wagub.
 
Pada kesempatan tersebut, Edy Pratowo berpesan agar Jemaah Calon Haji diharapkan mampu menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk dapat beradaptasi dan membaur dengan seluruh Jemaah Calon Haji yang lainnya dengan situasi dan kondisi yang ada di Negara tersebut. 
 
Selanjutnya, hendaknya Ibadah Haji yang nanti dilaksanakan tentunya akan bermuara pada perubahan perilaku dan mental spiritual, tidak hanya menjadi lebih baik bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang lain, daerah, bangsa dan negara. Oleh karena itu, hilangkan sikap egois, meremehkan orang lain, mau menang sendiri dan merasa diri paling benar dari orang lain.
 
Wagub juga berpesan agar menumbuhkembangkan semangat kebersamaan dan toleransi, kasih sayang dengan sesama, tingkatkan solidaritas, perkuat persaudaraan, perkokoh persatuan dan kesatuan serta tunjukkan perilaku sebagai Jamaah Haji Indonesia yang santun, bermartabat dan berakhlakul karimah. 
 
Selain itu, menjaga dan memperhatikan kondisi kesehatan, karena suhu udara di Arab Saudi sangat jauh berbeda dengan di Tanah Air, sehingga kepada Jemaah Calon Haji, apabila ada keluhan kesehatan diharapkan berkoordinasi dan berkomunikasi dengan petugas kesehatan/para medis yang mendampingi.
 
Lebih lanjut disampaikan kepada seluruh Petugas, baik Tim Petugas Haji Daerah (PHD), Petugas Kloter, Petugas Kesehatan dan Petugas Pembimbing Ibadah Haji agar mampu memberikan pelayanan dan pendampingan yang optimal dan terbaik bagi seluruh Jemaah Calon Haji Kalteng, khususnya yang tergabung di Kloter BDJ-06.
 
“Kepada Jemaah Calon Haji hendaknya dapat fokus/mengkonsentrasikan dirinya, mampu mengatur manajemen waktu dan tenaga serta kegiatan beribadah dalam melaksanakan serangkaian ibadah yang merupakan tujuan utama kedatangannya di Tanah Suci sebagai Tamu-tamu Allah, sehingga Jemaah Calon Haji dapat menjalankan Ibadah Hajinya dengan optimal dan sebaik-baiknya yang pada akhirnya mampu meraih predikat Haji yang Mabrur,” tutup Wagub berpesan.(MMC/Ytm/Lsn)
 
 
image_print

Pos terkait

Berita Olahraga Pilihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.