Wagub Kalteng Buka Pasar Murah di Desa Palinget Kabupaten Kapuas, Salurkan 2.000 Paket Bapok 

Wagub Kalteng Edy Pratowo menyerahkan paket Bapok kepada salah satu perwakilan masyarakat Desa Palinget, Minggu (30/6/2024).(Media Dayak/MMC Kalteng)
 
Kuala Kapuas, Media Dayak 
 
Usai pelaksanaan pasar murah di halaman Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kapuas, kini giliran Desa Palinget dikunjungi Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng Edy Pratowo untuk membuka pasar murah, yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Kalteng bertempat di halaman Kantor Desa Palinget Kabupaten Kapuas, Minggu (30/6/2024).
 
Wagub Kalteng menyampaikan, bahwa pasar murah ini sudah untuk kesekian kalinya dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Kalteng, dan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan maka Pemerintah Provinsi Kalteng harus turun langsung ke tengah masyarakat, untuk melihat bagaimana aktivitas dan kegiatan ekonomi masyarakat, untuk mengetahui apakah harga kebutuhan pokok di masyarakat mengalami kenaikan atau tidak.
 
Menurutnya, sesuai hasil rilis BPS bahwa harga komoditas beras selalu mengalami kenaikan, maka saat ini pemerintah tengah mengupayakan agar musim tanam bisa lebih dari satu kali dalam setahun, yaitu melalui program Optimalisasi Lahan Rawa dan Pompanisasi. Hal ini dilakukan supaya petani bisa menanam padi bisa dua kali dalam setahunnya.
 
“Sehingga kiita berharap Desa Palinget ini pertaniannya bisa dikembangkan lebih baik lagi, dengan disentuh oleh teknologi dan sistem irigasi yang baik, dibantu dengan alsintan, saprodi dan lain sebagainya,” ucapnya.
 
Selanjutnya ia menyebut, pada pasar murah ini Pemprov Kalteng menyalurkan bantuan sebanyak 2.000 paket bahan pokok (Bapok) murah, terdiri dari 10 kg beras dan 1 (satu) liter minyak goreng dalam satu paket senilai Rp192.500,- per paket, disubsidi oleh Pemprov. Kalteng sebesar Rp172.500,- dan masyarakat cukup membayar sebesar Rp20.000,-.
 
“Tapi yang 20 ribunya kembali disubsidi oleh Anggota DPR RI Dapil Kalteng Agustiar Sabran bersama dengan Ketua DPD KNPI Provinsi Kalteng Alfian Mawardi, sehingga paket sembakonya digratiskan,” sebut Wagub.
 
Selain itu, sebagai bentuk perhatiannya kepada masyarakat, Gubernur dan Wagub Kalteng memberikan bantuan kepada sejumlah ibu hamil di Desa Palinget, sebesar 1 juta rupiah per orang.(MMC/Ytm/Lsn)
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait