Wabup Pimpinan Rapat FGPD

Wakil Bupati Mura, Rejikinoor saat membuka kegiatan rapat FGPD. (Media Dayak/Ist)

Puruk Cahu- Media Dayak- Wakil Bupati Murung Raya, Rejikinoor memimpin rapat Forum Gabungan Perangkat Daerah (FGPD) tingkat Kabupaten Murung Raya dalam rangka membahas program strategis pembangunan, yang dilaksanakan di aula kantor Bappedalitbang, Jumat (10/3/2023).

Bacaan Lainnya

Wakil Bupati Murung Raya, Rejikinoor mengatakan melalui FGPD tingkat Kabupaten Murung Raya semua program dan kegiatan yang diusulkan untuk tahun 2024 merupakan program dan kegiatan prioritas yang bernilai strategis bagi pembangunan Kabupaten Murung Raya yang terintegrasi antar wilayah, antar sektor dan antar pelaku pembangunan.

“Sesuai undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan Nasional bahwa pendekatan yang digunakan dalam perencanaan pembangunan adalah politik, teknokratik, partisipatif, berjenjang dari atas ke bawah dan berjenjang dari bawah ke atas,”Kata Rejikinoor.

Selain itu, FGPD tingkat Kabupaten ini merupakan wadah pemangku kepentingan pembangunan sebagai perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan.

“Maka perencanaan dengan pendekatan partisipatif dilaksanakan dengan melibatkan semua pihak yang berkepentingan terhadap pembangunan untuk mendapatkan aspirasi dan menciptakan rasa memiliki,” Jelasnya.

Sedangkan, lanjut Wabup, pendekatan berjenjang dari atas ke bawah dan dari bawah ke atas, dalam perencanaan dilaksanakan menurut jenjang Pemerintahan serta rencana pembangunan diselaraskan melalui musyawarah yang dilaksanakan baik di tingkat Nasional, Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa maupun Kelurahan.

“Perencanaan pembangunan yang dilaksanakan secara bertahap tersebut bertujuan untuk mengefektifkan tugas Pemerintahan yang baik melalui pemanfaatan sumber daya publik yang berdampak pada percepatan proses perubahan sosial bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan terarahnya proses pengembangan ekonomi dan kemampuan masyarakat serta tercapainya tujuan pelayanan publik,” ungkap Kinoi sapaan akrab Wabup Murung Raya.

Rapat itu dihadiri Asisten I Setda Murung Raya Serampang, Asisten II Setda Murung Ferry Hardi, dan sejumlah Kepala OPD dan Camat.(LS/AW)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait