Wabup Gumas Lepas Kontingen FBIM

Wabup Efrensia LP Umbing melepas kontingen FBIM Kabupaten Gumas, ditandai dengan penyerahan bendera kepada penanggung jawab kontingen FBIM yang juga Kepala Disbudpar Eigh Manto, di Halaman Kantor Bupati.(Media Dayak/Ist)

Kuala Kurun, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Wakil Bupati (Wabup) Gunung Mas (Gumas) melepas kontingen Kabupaten Gumas yang akan berpartisipasi dalam even Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) tahun 2022 di halaman Kantor Bupati Gumas, Jumat (13/5) siang.

“Ini sudah menjadi even tahunan Provinsi Kalo Tengah, dimana seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota se Kalimantan Tengah wajib berpartisipasi dalam event tersebut,” kata Efrens.

”Selama kegiatan FBIM, saya minta seluruh kontingen senantiasa menjaga nama baik, sikap, perilaku, serta menjaga nama baik Kabupaten Gumas. Junjung nilai sportivitas serta tetap sehat dalam berlomba dan berkompetisi,” tambah Efrens.

Wabup menuturkan, kontingen baik itu seniman, budayawan dan atlet/olahragawan tradisional yang ikut serta dalam FBIM tahun 2022, harus semangat berprestasi dan menampilkan karya seni dan budaya terbaik, sehingga dapat mengangkat dan memperkenalkan kearifan lokal Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau. 

”Laksanakan tugas dan amanah ini dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab. Tetap menjaga kesehatan selama melaksanakan kegiatan serta patuhi protokol kesehatan (prokes), mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang masih belum pulih total,” pinta Efrens.

Sementara itu, Ketua Kontingen Kabupaten Gumas dalam FBIM tahun 2022 Elkewirke menuturkan, FBIM merupakan upaya pemajuan, menghidupkan, dan menjaga ekosistem kebudayaan yang berkelanjutan, ajang silaturahmi dan kompetisi sesama pelaku seni Kalteng dengan tetap menjunjung tinggi mental sportivitas lomba, serta menggali potensi Sumber Daya Manusia (SDM) kesenian tradisional serta melestarikan nilai budaya lokal.

“Sasaran dalam FBIM ini adalah generasi muda berbakat di bidang seni budaya dan olahraga tradisional, serta para seniman, budayawan, dan olahragawan tradisional Suku Dayak Kalteng,” katanya.

Diakuinya, pelaksanaan FBIM tingkat Provinsi Kalteng tahun 2022 ini digelar 17-22 Mei di Kota Palangka Raya, dengan tempat kegiatan terpusat di beberapa lokasi, yaitu UPT Taman Budaya, Bundaran Besar Palangka Raya, Bawah Jembatan Kahayan, dan Aula Jaya Tingang.

“Untuk kontingen FBIM Kabupaten Gumas berjumlah 90 orang, terdiri dari panitia inti 12 orang, pendamping lomba 17 orang, pelatih lomba enam orang, dan peserta lomba 55 orang,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dari 17 cabang lomba yang dipertandingkan dalam FBIM tahun 2022, Kontingen Kabupaten Gumas ikut berpartisipasi dalam sembilan cabang lomba, yakni lomba tari daerah kalteng, lomba karungut putra dan putri, lomba jagau dan bawi nyai pariwisata Kalteng, lomba mangaruhi putra dan putri, lomba besei kambe putri, lomba jukung tradisional putra, lomba balogo putra dan putri, lomba habayang putra dan putri, serta lomba lawang sakepeng putra dan putri. 

“Kontingen FBIM Kabupaten Gumas juga berpartisipasi dalam kegiatan karnaval budaya dan pencatatan rekor muri peserta mangenta terbanyak,” ujar Elkewirke. ( Nov/Aw)

image_print

Pos terkait

Berita Olahraga Pilihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.