Wabup Barito Timur: Patuhi Anjuran Pemerintah Terkait Pencegahan Hepatitis Misterius

Wakil Bupati Barito Timur, Habib Said Abdul Saleh

Tamiang Layang, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Wakil Bupati (Wabup) Barito Timur (Bartim), Habib Said Abdul Saleh, mengimbau masyarakat agar mematuhi langkah pencegahan yang dianjurkan pemerintah terkait penularan Hepatitis Akut yang belum diketahui penyebabnya sehingga juga dikenal dengan sebutan Hepatitis Misterius.

Imbauan tersebut disampaikan Wabup untuk menyikapi anggapan sebagian masyarakat yang merasa bahwa pemerintah mengada-ada terkait isu penularan Hepatitis Misterius.

“Kita sudah melewati beberapa gelombang penularan dan varian covid-19, dan saat ini mulai muncul penularan penyakit baru di beberapa daerah di Indonesia yaitu Hepatitis Misterius, penularan penyakit ini bukan hoaks karena kita kepada masyarakat Barito Timur yang saya banggakan harus tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah,”kata Wabup.

Menurutnya, selama lebih dari dua tahun masyarakat sudah terlatih menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari, sehingga untuk mengantisipasi penularan penyakit yang lain hanya diperlukan kemauan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah dilaksanakan selama ini.

“Saya juga berpesan agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik serta tidak mudah mempercayai berita-berita bohong di media sosial maupun yang beredar melalui pesan berantai dan tidak jelas sumbernya,”tambah Wabup.

Hingga Kamis (12/05), Kementerian Kesehatan melaporkan terdapat 15 orang yang di Indonesia yang diduga terpapar Hepatitis Misterius. Dari jumlah itu, 6 orang meninggal dan sisanya masih dalam perawatan.

Adapun gejala fisik pada anak yang tertular Hepatitis Misterius yakni sakit kuning, muntah, kotoran pucat, diare, mual, sakit perut, lesu, demam dan gangguan pernapasan. (TL/RHF)

image_print

Pos terkait

Berita Olahraga Pilihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.