UPT KPHP Katingan Hulu Bina MPA

Puluhan MPA, saat mengikuti praktek budidaya madu kelulut, di Kelurahan Kasongan Lama oleh UPT KPHP Katingan Hulu unit XVII, Rabu (24/11). (Media Dayak/Ist)

Kasongan, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Unit Pelaksana Teknis (UPT) KPHP Katingan Hulu Unit XVII Bina Masyarakat Peduli Api (MPA) di wilayah kerjanya. Kegiatan ini, meskipun pelaksanaannya selama dua hari, namun di tempat yang berbeda. Yaitu di aula Kelurahan Kasongan lama kecamatan Katingan Hilir dan di aula Kelurahan Pendahara Kecamatan Tewang Sangalang Garing (TSG). Sedangkan waktunya, Rabu dan Kamis (24-25/11). Dan akan dilanjutkan lagi di awal Desember 2021 mendatang.

Diantara MPA yang dibina tersebut menurutnya MPA Kelurahan Kasongan Lama, MPA Kelurahan Pendahara, MPA Desa Tewang Manyangin, MPA Desa Talian Kereng dan MPA adesa Samba Katung.

Kepala UPT KPHP Unit XVII Katingan Hulu, Kristanto saat dikonfirmasi tentang pembinaan terhadap puluhan MPA dimaksud, selain untuk meningkatkan kesadaran kembali tentang potensi bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayahnya masing-masing, juga meningkatkan pengetahuan dan teknis terkait pencegahan serta memotivasi pembentukan kelompok ekonomi produktif masyarakat.

“Sedangkan narasumber dari kegiatan tersebut menurutnya berasal dari Dinas Kehutanan Provensi Kalimantan Tengah (Kalteng), Balai PPI Wilayah Kalimantan dan UPT KPHP KATINGAN HULU UNIT XVII,” sebut Kristanto.

Kali ini UPT KPHP Unit XVII ini menurutnya bukan hanya melakukan tugas pokok saja, seperti memberikan pembinaan MPA, melainkan juga memberikan peluang MPA untuk masa depan MPA atau masyarakat setempat.

Yaitu mengembangkan usaha ekonomi kreatif kelompoknya. Salah satunya adalah memberikan pembinaan budidaya madu kelulut. “Pembinaannya berupa teori dan praktek,” ujarnya.

Khusus untuk pembinaan budidaya madu kelulut dimaksud, menurutnya adalah sebagai ekonomi kreatif rakyat. Sehingga, ke depannya diharapkan bisa dikembangkan oleh masing-masing kelompok MPA. “Gunanya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” terangnya. (Kas/Aw)

image_print

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.