Tunggakan Pajak Kendaraan Dinas Sudah Berkurang

Kepala UPT-PPD Kasongan, Hasan Basri. (Media Dayak/Ist)

Kasongan, Media Dayak

Bacaan Lainnya

 Tunggakan pajak kendaraan dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan, baik roda dua maupun roda tiga dan empat sudah menurun. Dari Rp 500 juta lebih di tahun lalu, kini turun menjadi Rp 190 juta. Demikian yang dikatakan Kepala Unit Pelayanan Teknis Pelayanan Pajak Daerah (UPT-PPD) Kasongan, Hasan Basri kepada sejumlah awak media, Kamis pagi (14/4/2022) kemaren, di ruang kerjanya.

Sekarang, kita menurutnya sudah menerima data sejumlah kendaraan dinas dari Pemkab setempat, yang  akan dibayar lagi tunggakan pajaknya. “Kalau nantinya dilakukan pembayaran, berarti akan mengurangi lagi tunggakan pajaknya,” ujar Hasan Basri.

Menjawab pertanyaan awak media, dirinya mengaku, pembayaran pajak ada yang dikoordinir oleh masing-masing instansi, dan ada pula yang membayar sendiri-sendiri. “Atau, dibayar oleh masing-masing pemegang kendaraan dinasnya,” terangnya.

Kendati tunggakan pembayaran pajaknya kian hari semakin berkurang, namun menurutnya masih saja ada sejumlah kendaraan dinas lainnya yang hingga sekarang masih belum terbayar pajaknya. Alasannya, ada beberapa kendala. Salah satu kendala yang sulit teratasi menurutnya, adalah, kendaraannya berada di pelosok desa. sementara kondisi kendaraannya sebagian dalam keadaan rusak. Ketika pemegang kendaraannya ingin membayar pajaknya, kendaraannya kan harus digesek dulu nomor mesin dan sasisnya. Sebab, kendaraan tersebut dipakai sudah melebihi lima tahun wajib untuk digesek, sebelum dilakukan pembayaran pajak.

Kita menurutnya, pernah juga berupaya untuk jemput bola ke beberapa pelosok desa, guna menyelesaikan kendala ini. Namun, yang berangkat ke sana tidak harus kita saja, tapi juga dari instansi lain, seperti polantas yang memang berwenang untuk menggesek nomor mesin dan sasis setiap kendaraan. “Intinya, kalau kendalanya seperti itu, akan tetap kita upayakan untuk jemput bola nantinya,” janjinya. (Kas/Lsn)

image_print

Pos terkait

Berita Olahraga Pilihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.