Tumbang Sanamang Mulai Banjir

Kondisi air di ruas jalan bangunan pasar di Kelurahan Tumbang Sanamang Kecamatan Katingan Hulu, Sabtu pagi (25/5).(Media Dayak/Ist)

Kasongan, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Sebagian wilayah Kelurahan Tumbang Sanamang Kecamatan Katingan Hulu dilanda banjir. Pasalnya, debit air di sungai tersebut mengalami kenaikan sekitar 4,30 cm. “Sehingga, ruas jalan pasar yang berada di Kelurahan Tumbang Sanamang ikut tergenang oleh meningkatnya debit air tersebut,” kata Kasat Pol PP dan Damkarmat Kabupaten Katingan, Pimanto, melalui Kabid Damkarmat setempat, Yoshua kepada sejumlah awak media, Sabtu pagi (25/5). 

Hal ini menurut Yoshua berdasarkan pemantauan personilnya yang berada di Pos Damkarnat Kecamatan Katingan Hulu pada pagi itu. Kemudian dilaporkannya kepada dirinya. Bahkan ada  lantai dermaga yang ada di Kelurahan Tumbang Sanamang pun ikut tergenang oleh meningkatnya debit air tersebut. “Penyebabnya curah hujan di bagian hulu, termasuk di Kelurahan Tumbang Sanamang dalam satu pekan ini meningkat,” terangnya.

Berdasarkan pantauan Damkarmat menurutnya, untuk sementara keadaan cuaca di beberapa desa dan Kelurahan Kecamatan Katingan Hulu pada pagi hingga siang ini dalam keadaan mendung dan berawan. “Seperti hari kemaren juga dalam keadaan mendung dan sore harinya hujan turun cukup deras,” tuturnya.

Sehubungan dengan itulah, dirinya mengingatkan kepada masyarakat setempat agar selalu waspada. Waspada, jika debit air kian meningkat lagi. Karena, jika debit air semakin meningkat dikhawatirkan bukan hanya ruas jalan saja yang tergenang. Tapi tidak menutup kemungkinan pula sebagian halaman dan perumahan penduduk setempat tergenang. “Terutama rumah yang berada di bagian dataran rendah,” ujarnya.

Tidak hanya di wilayah Kecamatan Katingan Hulu saja, tapi juga di sejumlah wilayah Kecamatan lainnya, juga perlu waspada. Karena, air banjir yang berada di wilayah Kecamatan Katingan Hulu tersebut menurutnya tidak menutup kemungkinan pula terkirim ke bagian hilir. “Sehingga, masyarakat di bagian hilir perlu pula waspada,” ingatnya. (Kas/Aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait