Stok Ikan Selama Bulan Ramadan Tetap Aman

Tampak situasi salah satu pasar tradisional di Kota Palangka Raya yang menjual berbagai ikan .(Media Dayak/ IsenMulang)
 
Palangka Raya, Media Dayak
 
Meski kebutuhan akan ikan selama bulan suci Ramadan ini meningkat dari hari biasa, namun Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, Indriarti Ritadewi memastikan bahwa stok ikan selama bulan suci Ramadan tetap aman dan dapat memenuhi kebutuhan warga.
 
Hal ini dikatakannya berdasarkan data statistik menunjukan bahwa tangkapan ikan pada bulan maret ini cukup meningkat dari bulan-bulan sebelumnya dengan rincian tangkapan dari danau yang sebelumnya hanya 104 ton meningkat menjadi 107,7 ton, untuk rawa 139,6 ton menjadi 143,98 ton. Sementara untuk hasil tangkapan dari sungai 102,22 ton meningkat menjadi 107,20 ton.
 
“Dari data tersebut, maka dapat kita pastikan bahwa kebutuhan akan ikan itu sendiri dapat mencukupi untuk warga di Kota Palangka Raya,” kata Indriarti, Selasa (28/03/2023).
 
Indri menyebutkan dalam menjaga stok ikan serta meningkatkan produksi tangkapan bagi para nelayan, pihaknya telah melakukan berbagai program kegiatan.
 
Seperti melakukan sosialisasi dan pembinaan kepada masyarakat, serta melakukan kegiatan pelepasliaran benih ikan (restocking) dan banyak lagi program lainnya.
 
Selain itu, menurutnya hal ini juga tak lepas dari peran aktif dari para Pokmawas dan Pokdatan binaannya serta masyarakat setempat yang terus membantu pemerintah dalam menjaga serta mengawasi sehingga keberadaan dan stok ikan-ikan lokal di Palangka Raya tetap terjaga.
 
“Alhamdulilah program-program yang kami jalankan dalam menjaga serta melestarikan keberadaan ikan di perairan Kota Palangka Raya dapat berjalan dengan baik, sehingga keberadaan ikan dapat terjaga dan juga hasil tangkapan para nelayan terus meningkat yang tentunya sangat berdampak bagi peningkatan ekonomi mereka,” tutupnya. (MCIM/Ytm/Lsn)
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait