Sekda Pimpin Checking Terakhir Festival Ramadhan 1445 H

Sekda Nuryakin saat memimpin rapat, Jumat (8/3/2024).(Media Dayak/MMC Kalteng)
 
Palangka Raya, Media Dayak 
 
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng Nuryakin memimpin Checking Terakhir Festival Ramadhan 1445 H, bertempat di Ruang Rapat Bajakah LT II Kantor Gubernur Kalteng, Jumat (8/3/2024).
 
Sekda Nuryakin saat memimpin rapat mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan checking terakhir terhadap kesiapan-kesiapan yang sudah disepakati dan sudah didiskusikan pada rapat-rapat sebelumnya, untuk mendukung acara Kalteng Ramadhan Festival 1445 H, yang akan diselenggarakan pada tanggal 1 s.d 7 Ramadhan.
 
“Diharapkan pada hari ini kita memastikan kesiapan baik dari seksi acara, tempat lomba dan kegiatan lainnya yang mendukung kegiatan ini,” ucapnya.
 
Pada kesempatan tersebut Kadis PUPR Provinsi Kalteng Salahuddin selaku koordinator seksi perlengkapan mencermati layout yang dibuat oleh Disbudpar, bahwa panggung hiburan berada di depan Betang Mandala Wisata, akan lebih baik kalau dibuat lebih mendekat ke sentral yang akan dilihat oleh masyarakat yaitu Bundaran Besar.
 
“Untuk itu diharapkan panggung berada di daerah Dinas Pendidikan agar lebih mendekat ke sentralistik nya,” ujarnya.
 
Menanggapi hal tersebut Kadisbupar Provinsi Kalteng Adiah Chandra Sari menjelaskan bahwa, di depan Dinas Pendidikan sebagai tempat kegiatan pasar murah.
 
“Sehingga disepakati lokasi panggung tempat kegiatan festival berada di depan Betang Mandala Wisata, dan untuk tempat pembukaan sudah terpasang tenda,” jelasnya
 
Sementara itu Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Kalteng Norhani selaku Koordinator Seksi Bazaar dan UMKM menyampaikan laporan, bahwa telah disediakan 75 meja untuk pelaku usaha, dan sampai saat ini sudah terdata 18 pelaku usaha masakan siap saji, 27 jualan kue, 9 (sembilan) jualan minuman, dan griya 10 pelaku usaha.
 
“Selain itu disediakan pula tenda tersendiri untuk 6 (enam) OPD yaitu Disdagperin, DKP, TPHP, Dislutkan, serta UMKM yang berjualan telur, sayur, dan ikan basah, serta Koperasi Betang Tani Tabela, yang berada di halaman Dinas Pendidikan,” ucap Norhani.
 
“Selanjutnya juga PKK, Dekranasda, Dharma Wanita, dan DAD juga telah konfirmasi keikutsertaannya pada kegiatan ini,” imbuhnya.
 
Seksi acara dan lomba juga menginformasikan, dalam festival Ramadhan ini mengadakan beberapa lomba di halaman Betang Mandala Wisata, yang dimulai pada 2 (dua) Ramadhan yaitu lomba Adzan, Dai Cilik total peserta masing-masing 25 orang. Tanggal 3 (tiga) Ramadhan lomba Fashion Show Busana Muslim terdaftar 20 orang, hari ke 4 (empat) lomba Habsyi terdaftar 12 grup, hari ke 5 (lima) lomba Vocal Solo Qasidah terdaftar 15 orang, hari ke 6 (enam) lomba Bagarakan Sahur terdaftar 4 grup.
 
Selanjutnya, hadiah untuk lomba-lomba tersebut sudah terkonfirmasi bahwa lomba Habsyi disediakan oleh Bank Kalteng berupa Trophy, Piagam dan uang tunai total 30 juta rupiah. Untuk hadiah lomba Adzan, Dai Cilik, dan Fashion Show dari OJK terdiri dari Trophy, Piagam dan uang tunai total 22,5 juta rupiah. Sedangkan untuk hadiah lomba Bagarakan Sahur dan Vlog Ramadhan disediakan oleh Bank Indonesia.(MMC/Ytm/Lsn)
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait