Sekda Kembali Salurkan 15 ton Beras Subsidi pada Dua Lokasi di Kabupaten Murung Raya

Sekda Kalteng Nuryakin menyerahkan beras subsidi kepada perwakilan masyarakat yang hadir di GOR Desa Batu Putih, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya, Sabtu (30/3/2024).(Media Dayak/MMC Kalteng)
 
Puruk Cahu, Media Dayak
 
Mewakili Gubernur Kalteng, Sekda Provinsi Kalteng Nuryakin kembali membuka pasar murah tahap II di Wilayah Timur Provinsi Kalteng, bertempat di GOR Desa Batu Putih, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya, Sabtu (30/3/2024).
 
Masih dalam rangka Kalteng Berbagi Berkah dan pengendalian inflasi daerah di wilayah Kalteng Tahun 2024, Pemprov Kalteng kembali melakukan penyaluran bantuan beras bersubsidi melalui kegiatan pasar murah yang dilaksanakan dari tanggal 29 sampai dengan 31 Maret 2024.
 
Setelah sehari sebelumnya Sekda Nuryakin membuka pasar murah dan penyaluran beras subsidi di Kecamatan Permata Intan dan Kecamatan Sumber Barito, menurut jadwal hari kedua ini penyaluran dilaksanakan pada dua titik lokasi yaitu di Kecamatan Murung dan pada sore harinya di Kecamatan Barito Tuhup Raya.
 
Disebutkannya bahwa beras subsidi yang disalurkan untuk Kabupaten Murung Raya sebanyak 150 ton, dan sesuai dengan petunjuk Gubernur Kalteng penyaluran dilakukan 2 (dua) tahap, pada tahap I telah disalurkan sebanyak 50 ton.
 
“Pada tahap II ini Pemprov Kalteng kembali menyalurkan beras bersubsidi untuk Kabupaten Murung Raya sebanyak 100 ton,” sebutnya.
 
Hal ini dilakukan pemerintah untuk meminimalisir terjadinya inflasi, yang diakibatkan kenaikan harga bahan pokok terutama menjelang hari-hari besar keagamaan, seperti Idul Fitri, Idul Adha, Natal dan Tahun Baru.
 
“Biasanya menjelang hari Raya Idul Fitri seperti ini harga sembako dan kebutuhan pokok lainnya pasti naik, maka untuk mengatasi hal ini Pemprov mengadakan pasar murah,” ucap Sekda.
 
Kegiatan pasar murah hari kedua di Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya ini dilaksanakan di GOR Desa Batu Putih Kecamatan Murung, dan jumlah paket disalurkan sebanyak 5 ton beras atau 500 paket beras premium, dengan kualitas baik dan harga terjangkau oleh masyarakat.
 
“Semoga dengan adanya pasar murah Kalteng Berbagai Berkah ini, betul-betul bisa meringankan beban yang dirasakan masyarakat terutama di bulan Ramadan yang penuh berkah ini,” imbuhnya.
 
Selanjutnya ia mengatakan, karena ini pasar murah maka harganya tidak sama dengan harga di pasar, tetapi tidak boleh gratis. “Harga beras Rp175.000,- per 10 kg, hari ini disubsidi oleh Pemprov sebesar Rp155.000,- sehingga masyarakat cukup menebus sebesar Rp20.000,- saja,” pungkasnya.(MMC/Ytm/Lsn)
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait