Sekda Kalteng Buka Entry Meeting Pengawasan Kemendagri Terhadap Penyelenggaraan Pemda

Sekda Provinsi Kalteng Nuryakin saat membuka Entry Meeting Pengawasan Kemendagri  terhadap Penyelenggaraan Pemda Tahun 2023 Senin, (3/4). (Media Dayak/Ist)

Palangka Raya, Media Dayak

Mewakili Gubernur Kalteng, Sekda Provinsi Kalteng membuka kegiatan Entry Meeting Pengawasan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terhadap Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (Pemda) Tahun 2023, bertempat Aula Kantor Inspektorat Provinsi Kalteng, Senin (3/4).
 
Sekda menyebut berdasarkan peraturan perundangan pelaksanaan pengawasan umum dan pengawasan teknis terhadap pemerintah provinsi dilakukan oleh pemerintah pusat melalui Inspektorat Jenderal Kemendagri RI.
 
“Pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah khususnya pada tahun 2023, difokuskan dan disusun berbasis pada sektor prioritas dan risiko serta diarahkan sesuai rencana kerja pemerintah,” ucapnya.
 
Nuryakin juga menyebut bahwa tujuan pembinaan dan pengawasan Irjen Kemendagri RI terhadap pemerintahan yang ada di Kalteng tahun 2023 ini adalah  untuk melihat esensi dan efektivitas terhadap penyelenggaraan pemerintahan secara umum yang diamanatkan oleh Undang-undang.
 
“Ada 22 perangkat daerah sebagai sampel, yang menjadi sasaran obyek pemeriksaan. Dari perangkat daerah yang menjadi sampel ini nantinya akan diperoleh gambaran umum penyelenggaraan pemerintahan,” ungkapnya.
 
Sebelumnya, Inspektur Kalteng Saring dalam laporannya menyampaikan bahwa kegaiatan Entry Meeting ini merupakan kegiatan rutin dari Irjen Kemendagri yang secara langsung turun ke lapangan, dalam rangkaian kegiatan pengawasan penyelenggaraan pemerintah daerah tahun 2023 yang dilaksanakan selama sepuluh hari mulai tanggal 3 – 12 April 2023.
 
“Sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan pendahuluan yang telah dilaksanakan pada tanggal 27 Maret 2023 dan pada tanggal 30 Maret 2023 yang lalu. Pada pemeriksaan kali ini melibatkan 16 Dinas dan lima Biro pada Setda Provinsi Kalteng,” lapornya.
 
“Harapan kami kegiatan ini mampu memberikan manfaat yang besar bagi Pemprov Kalteng, khususnya memperbaiki kinerja dalam penyenggaraan Pemda pada Pemprov Kalteng,” katanya. (YM/AW)
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait