Sekda Kalteng Berharap ICMI Dapat Menjadikan Umat Muslim Kalteng Lebih Maju dan Berkualitas

Sekda Provinsi Kalteng Nuryakin sampaikan sambutan, Sabtu (1/4/2023)(MMC Kalteng)

Palangka Raya, Media Dayak

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng Nuryakin buka Ramadan Leadership Camp Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) Organisasi Wilayah (Orwil) Kalteng, bertempat di Aula Bapeddalitbang Provinsi Kalteng, Sabtu (1/4). 
 
Kegiatan ini mengusung tema “Bulan Ramadan Sebagai Momentum untuk Menggali Potensi Diri dalam Balutan Iman dan Taqwa untuk Melahirkan Kader Pemimpin Muslim-Muslimah yang Tangguh”.
 
Sekda Kalteng Nuryakin mengatakan Pemprov Kalteng mengapresiasi kegiatan Ramadan Leadership Camp tersebut. “Semoga kegiatan ini dapat menjadi sebuah awal dan langkah yang strategis guna meneguhkan kembali khittah ICMI yang mengusung keIndonesiaan dan keIslaman berbasiskan ilmu pengetahuan dan teknologi,” ucap Sekda.
 
Sekda menyebut, kelahiran ICMI menandakan pemerintah dan negara mengakui peran dan pengaruh kaum intelektual Islam di tanah air, khususnya di Kalteng. 
 
“Dalam rangka menumbuhkan semangat kepemimpinan bagi masyarakat muslim di Kalteng maka kegiatan Ramadan Leadership ini diharapkan dapat berkontribusi memberi kemanfaatan dan kemaslahatan kepada masyarakat di Kalimantan Tengah. Sebagai agama yang rahmatan lil ‘alamin, Islam sangat menaruh perhatian dalam aspek kepemimpinan,” katanya.
 
Sehingga lanjutnya, ICMI Kalteng diharapkan berperan menjadi pendorong, motivator, dan fasilitator, sehingga umat muslim dan masyarakat mampu berproses sebagai masyarakat madani yang maju dan berkualitas. 
 
“Melalui kegiatan ini, saya juga mengharapkan ICMI menjadi garda terdepan dalam menyongsong perubahan, sehingga ICMI dapat menjadi wadah dalam mengembangkan diri melalui pemikiran dan konsepsi yang strategis, dengan tetap mengedepankan kultur akademik dan kearifan lokal yang berbasis agama serta dengan bingkai progresivitas kaum muda muslim Indonesia dan Kalteng pada khususnya,” ungkapnya 
 
Sementara itu, Wakil Ketua Umum ICMI Pusat Priyo Budi Santoso menyampaikan bahwa ia mengapresiasi Provinsi Kalteng yang menjadi Provinsi kedua dalam menyelenggarakan kegiatan Ramadan Leadership Camp ini. 
 
“Kita berharap ICMI hadir bukan tanpa ilmu. Siapa kaum Cendekiawan yang berkhianat, ialah yang tidak pernah tersentuh hatinya untuk menggunakan ilmu dan kecendekiannya untuk kepentingan yang besar dari lingkungan masyarakat, bangsa, dan negara. Cendekiawan yang ideal ala ICMI adalah sebagai orang dengan simbol integritas, objektivitas, dan rasional, termasuk kejujuran,” terangnya.(MMC/YM/AW)
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait