Sekda Dorong Keterbukaan Informasi Publik Sebagai Modal Dasar Membangun Murung Raya

Sekda Mura, Hermon memimpin rapat dengan Komisi Informasi Kalteng.(Media Dayak/Ist)

Puruk Cahu, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Murung Raya (Mura) Drs. Hermon, M.Si, didampingi kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Bimo Santoso menyambut kunjungan Tim penilai Komisi Informasi (KI) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Kunjungan itu dipimpin langsung oleh Ketua KI Provinsi Kalteng Daan Rismon didampingi dari sekretariat KI Provinsi Kalteng Suharianto dalam rangka melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) sekaligus penilaian pemeringkatan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama, tepatnya PPID Diskominfo SP Kabupaten Mura, yang berlangsung di Aula Gedung A Setda Mura, Selasa (26/10).

Dalam kesempatan itu, Sekda Mura Hermon menyampaikan, Pemkab Mura mendorong penuh keterbukaan informasi publik, karena dengan adanya keterbukaan Informasi publik ini, sebagai modal dasar melaksanakan pembangunan di Mura dalam hal Informasi dan Dokumentasi.

“PPID Utama Kabupaten Mura sudah melengkapi dan mengumumkan yakni, informasi pokok badan publik, informasi profil badan publik, informasi program dan kegiatan kinerja badan publik, informasi kinerja dan keuangan badan publik, informasi akses informasi badan publik, informasi tata cara permohonan informasi, pengaduan dan penyalahgunaan, informasi pengadaan barang dan jasa serta informasi prosedeur peringatan dini dan evakuasi keadaan darurat,” tutur Hermon.

Hermon juga menyampaikan PPID Utama Kabupaten Mura, salah satu kewajiban badan publik yang dinyatakan dalam Undang-Undang No 14 Tahun 2008 adalah menyediakan Daftar Informasi Publik (DIP). DIP adalah catatan yang berisi keterangan sistematis tentang informasi publik yang berada dibawah penguasaan badan publik.

Sementara itu, Ketua KI Provinsi Kalteng Daan Rismon mengatakan, tujuan visitasi dari tim penilai yaitu, PPID Kabupaten Mura dalam rangka pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik di wilayah Provinsi Kalteng tahun 2021, sesuai dengan tahapan visitasi yang jadwal waktunya dimulai dari tanggal 1 Oktober dan berakhir pada tanggal 29 Oktober 2021.

“PPID Utama Kabupaten Mura terlihat respresentatif yang mana tersedia fasilitas ruangan pelayanan informasi, media layanan informasi dan hal terkait lainnya,” Daan Rismon.

Daan Rismon juga memberikan saran kepada PPID Utama Mura agar kedepannya melaksanakan sosialisasi dan bimtek untuk operator PPID Pembatu di setiap perangkat daerah/badan publik, agar PPID Pembatu lebih memahami tugas dan fungsinya.(LULUS/AW)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *