Sekda Buka Rakor Pelaksanaan Pemilu Dan Pilkada Serentak Tahun 2024

Sekda Kalteng Nuryakin saat menghadiri pembukaan Rakor Pelaksanaan Pemilu Dan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Hotel Neo Palma, Selasa (7/5/2024)(MMC Kalteng).(Media Dayak/MMC Kalteng)

Palangka Raya, Media Dayak 

Bacaan Lainnya

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng Nuryakin membuka Rakor Pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 yang diadakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalteng, bertempat di Hotel Neo Palma, Selasa (7/5/2024).

Dalam sambutannya Sekda Nuryakin menyampaikan, sesuai Amanat UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas UU Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU No 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota, menjadi UU Pilkada Serentak Tahun 2024.

“Yaitu pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota di 37 Provinsi, 508 Kabupaten/Kota yang rencananya dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024. Sedangkan untuk Provinsi Kalteng diikuti oleh 13 Kabupaten dan 1 Kota.

“Tahapan Pilkada Serentak Tahun 2024 telah ditetapkan melalui PKPU Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024,” ucapnya.

Dikatakannya, bahwa Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 ini merupakan program strategis nasional, yang sama-sama dilaksanakan tahun 2024, oleh karena itu harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Pemilu jatuh di tanggal 14 Februari yang lalu, dan pilkada berlangsung beberapa bulan kemudian di tanggal 27 November 2024.

“Pemilu dilaksanakan untuk memilih Presiden, dan Wakil Presiden, serta legislative (DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, sedangkan Pilkada dilaksanakan untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota di seluruh Indonesia,” kata Sekda.

Menurutnya, sebagai bentuk dukungan Pemerintah Daerah Provinsi Kalteng pada Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024, salah satunya dengan memastikan ketersediaan anggaran untuk pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024.

Rakor ini ditujukan untuk memastikan kesiapan penyelenggara dalam melaksanakan Pilkada Serentak Tahun 2024, baik dukungan anggaran maupun penyiapan sarana dan prasarana, termasuk dukungan personil.

Mengakhiri sambutannya Nuryakin berharap, Pilkada Serentak Tahun 2024 berjalan dengan aman, lancar dan tertib demi menjaga kerukunan dan keharmonisan masyarakat Kalteng.

“Mari kita sukseskan Pilkada Serentak Tahun 2024 dengan bersama-sama untuk datang ke TPS masing-masing sesuai dengan DPT yang ada dan mari kita tingkatkan partisipasi pemilih,” tutupnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kalteng Katma F Dirun memaparkan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menghadapi Pilkada serentak bulan November 2024.

Selanjutnya Katma mengungkapkan maksud dan tujuan kegiatan tersebut, adalah untuk menyamakan persepsi dan langkah gerak, serta kegiatan-kegiatan yang ada di lingkup jajaran Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se Kalteng melalui Badan Kesbangpol bersama-sama dengan mitra kerjanya, dalam rangka mensukseskan Pilkada tahun 2024.

“Peserta yang hadir mengikuti kegiatan ini sebanyak 50 orang, terdiri dari Kaban dan Kabid Kesbangpol Kabupaten/Kota se Kalteng dan beberapa mitra kerja, serta menghadirkan narasumber dari Ditjen Polpum Kemendagri RI secara virtual,” ungkapnya.(MMC/YM)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait