Sekda Buka Kegiatan Pemilihan Duta GenRe dan Duta Inspirasi   

MEMBERIKAN – Sekda Murung Raya (Mura), Hermon, saat memberikan sambutan pada acara pemilihan GenRe, Senin (03/04/2023) (Foto : Media Dayak/Lulus)

Puruk Cahu,  Media Dayak

Bacaan Lainnya

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk KBP3A) Kabupaten Murung Raya menggelar pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) dan Duta Muda Inspirasi, yang dilaksanakan di Aula Gedung B Setda Murung Raya, Senin (03/04/2023).

Dalam laporannya, Ketua Pelaksana, Lynda Kristiani, mengatakan, untuk mencapai tujuan tersebut, maka didalam program GenRe dikembangkan materi materi diantaranya adalah pencegahan stunting melalui aplikasi elsimil, kesehatan reproduksi remaja, life skill, dan penyiapan kehidupan bagi remaja, serta kependudukan dan pembangunan keluarga yang dilaksanakan melalui Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja).

“Sebagai salah satu jalan agar program ini bisa dikenal di remaja, maka dibutuhkan figure yang bisa menjadi model dan panutan di kalangan remaja, Untuk itulah, dipandang perlu diadakan Apresiasi Duta GenRe dan Duta Muda Inspirasi Tingkat Kabupaten Murung Raya Tahun 2023,”kata Lynda.

Dijelaskan Lynda, selain pemilihan GenRE, pihaknya juga berkolaborasi dengan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan pariwisata Kabupaten Murung Raya yaitu pemilihan Duta Muda Inspirasi dimana nanti akan dipilih satu pasang peserta yang memenuhi kriteria untuk manjadi Duta Muda Inspirasi tahun 2023.

Menurut Lynda, berdasarkan data Sensus Penduduk Biro Pusat Statistik tahun 2020, Penduduk Kalimantan Tengah berjumlah 2,67 juta jiwa yang didominasi oleh remaja generasi 2 zilenial) yang lahir tahun 1997- 2012 atau yang berusia 10-25 tahun sebanyak 30,11 %% Yang berarti bahwa populasi remaja di Kalimantan Tengah mempunyai jumlah yang cukup besar dan perlu perhatian.

“Karena banyak permasalahan yang menimpa remaja saat ini antara lain pernikahan dini, seks pranikah dan NAFZA serta penyakit seksual seperti human immunodeficiency virus/acquired immune deficiency syndrome (HIV/AIDS),”ungkapnya.  

Maka, berkaitan dengan hal tersebut, pemerintah menggelorakan program GenRe yaitu program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja (PKBR) melalui pemahaman tentang Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP). Sehingga, mereka mampu melangsungkan jenjang Pendidikan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

Selanjutnya, meningkatkan sosialisasi Program Kependudukan, keluarga Berencana dan Pembangunan dan promosi Keluarga, serta pencegahan stunting sejak remaja melalui program GenRe di kalangan remaja agar remaja mempunyai pengetahuan, sikap dan perilaku yang positif dalam pengembangan diri secara mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial.

“Kemudian menginspirasi generasi muda daerah, berkontribusi dan berkarya, mengkampanyekan Murung Raya emas 2030 dan menjadi brand ambassador resmi duta inspirasi Kabupaten Murung Raya dan menebar bermanfaatan seluas-luasnya,”jelasnya.

Sementara itu, Sekda Murung Raya, Hermon, menyampaikan GenRe merupakan ajang pemilihan remaja putra dan putri untuk figur teladan serta motivator di kalangan remaja yang nantinya berperan memberikan wawasan kepada generasi muda tentang kesehatan reproduksi. Selain itu, juga menciptakan remaja yang bebas narkoba, seks bebas, dan HIV/AIDS serta pengaruh negatif lainnya dalam pergaulan.

“Saya berharap, kegiatan ini sama-sama memberikan dampak yang baik bagi generasi muda Kabupaten Murung Raya karena dengan mengikuti kegiatan ini banyak hal positif yang bisa didapat dari materi yang disampaikan oleh narasumber diantaranya tentang publik speaking dan personality, kesiapan pemuda dalam menghadapi generasi milenial dan pengetahuan tentang substansi generasi berencana,”pungkasnya. (Lus/Rsn)

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait