Satpol PP Pendamping OPD Dalam Rangka Meningkatkan PAD

Sekretaris Satpol PP dan Damkarmat Kabupaten Katingan, Budiman L Gaol

Kasongan, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Tugas Pokok dan Fungsi (Tufoksi) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di Satpol PP dan Damkarmat Kabupaten Katingan, selain penegakan Peraturan Daerah (Perda) juga penyelenggara keamanan dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat.

Demikian kata Kepala Satpol PP dan Damkarmat Kabupaten Katingan Pimanto, melalui Sekretarisnya Budiman L Gaol kepada sejumlah awak media, Selasa siang (2/7), di ruang kerjanya.

Khusus untuk tugas penegakan Perda, Satpol PP menurut Budiman L Gaol, melaksanakan pendampingan terhadap sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Salah satunya mendampingi instansi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Katingan dalam rangka mensosialisasikan dan melakukan edukasi tentang pembayaran retribusi dan pajak berbagai jenis obyek kepada masyarakat. “Terutama kepada para pelaku ekonomi,” katanya.

Misalnya, lanjutnya, pajak hotel dan restoran, rumah makan, warung makan, pemasangan reklame, spanduk, baleho dan berbagai jenis atribut lainnya yang dipasang di beberapa tempat di Kabupaten Katingan. “Tujuan akhirnya, untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” terangnya.

Bukan hanya mendampingi saja, tapi Satpol PP menurutnya juga bisa memberikan sanksi kepada pemilik obyek atau pelaku usaha yang tidak mentaati Perda yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Pemkab) dan DPRD Katingan tersebut. Dari sanksi lisan, Surat Peringatan (SP), hingga sanksi terberat.   

Contohnya, rumah makan yang seharusnya membayar kewajiban pajaknya 10 persen dari harga satu porsi sesuai Perda, namun pelaku usaha tidak mau membayarnya, maka pelaku usaha tersebut diberikan SP 1. Jika tidak mempedulikannya, maka pelaku usaha yang bersangkutan diberikan lagi SP 2. Dan jika tidak mempedulikan SP 2, maka peringatan terakhir, akan diberikan sanksi terberat. “Salah satu diantara sanksi terberat adalah penyegelan tempat usahanya,” tegasnya. 

Sebenarnya bukan hanya petugas  Bapenda saja yang didampingi, tapi OPD lainnya juga, tergantung permintaan dari OPD yang ada di lingkup Pemkab Katingan ini. Artinya, ketika mereka meminta untuk didampingi, Satpol PP selalu siap untuk mendampinginya. “Karena, pendampingan ini sudah menjadi salah satu tufoksi kami,” pungkasnya. (Kas/Aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait