Satpol PP dan Damkarmat Monitoring Reklame

Kabid Penegakan Perda dan Produk Hukum Satpol PP, Ebit Theopilus bersama personil lainnya beserta pegawai Bapenda Kabupaten Katingan saat melakukan monitoring dan pengawasan reklame dalam bentuk spanduk dan baleho di sepanjang jalan Tjilik Riwut – Kasongan, Jum’at pagi (31/5).(Media Dayak/Ist)

Kasongan, Media Dayak

Bacaan Lainnya
Satpol PP dan Damkarmat Kabupaten Katingan, bidang Penegakan Perda dan Produk Hukum (P3H) berkordinasi dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Katingan lakukan monitoring dan pengawasan reklame yang mengandung unsur kampanye serta tanpa memiliki izin, yang dipasang di lingkungan daerah Kabupaten Katingan, Jum’at (31/5/2024) kemaren. 
 
Kasat Pol PP dan Damkarmat Kabupaten Katingan, Pimanto melalui Sekretarisnya Budiman L Gaol, saat dikonfirmasi di sela-sela tugasnya mengatakan tujuan dari monitoring dan pengawasan tersebut adalah untuk mengetahui, apakah masih ada ditemukan reklame yang terpasang di sepanjang jalan yang ada di daerah kita,  Kabupaten Katingan pada umumnya dan di Kasongan pada khususnya.
 
Kemudian, lanjutnya, jika ditemukan adanya reklame yang mengandung unsur kampanye, apakah sudah berizin kepada instansi terkait atau belum. Jika belum, diharapkan bisa membuat izin terlebih dahulu dengan instansi terkait. Karena’ untuk memasang reklame di lingkungan Kabupaten Katingan, pemasang reklame wajib untuk mengurus izinnya terlebih dahulu. “Aturan ini sudah ada dalam bentuk Perda,” kata Budiman L Gaol. 
 
Selanjutnya, hasil dari monitoring dan pengawasan tersebut menurutnya, selain terciptanya ketertiban dan tidak terlihat kumuh di sepanjang jalan yang terpasang reklame, dari pemberian izin itu pula diharapkan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Katingan. 
 
Kemudian, terkait dengan kegiatan ini, dirinya mengimbau kepada masyarakat, organisasi atau lembaga manapun juga yang ingin memasang reklame, baik dalam bentuk baleho maupun spanduk, seyogyanya harus diurus dulu rekomendasi pemasangannya ke Satpol PP dan Damkarmat Kabupaten Katingan. Kemudian membayar kewajibannya dalam bentuk pajak retribusi reklame ke kantor Bapenda setempat. “Setelah kewajiban tersebut diselesaikan, baru reklamenya dipasang, sesuai aturan yang ada,” imbaunya. 
 
Adapun sejumlah personil Satpol PP yang ikut serta dalam monitoring dan pengawasan reklame pada pagi itu, selain Sekretaris Satpol PP dan Damkarmat Kabupaten Katingan, Budiman L Gaol, juga Kabid Penegakan Perda dan Produk Hukum (P3H) Ebit Theopilus Nantista, Kasubbid Penegakan Jaida beserta staf, yang dikoordinir oleh Kabid Penagihan Weni dari Bapenda setempat. Sedangkan tempat-tempat yang menjadi obyek monitoring dan pengawasan pada pagi itu, untuk sementara ini dilakukan di sepanjang jalan Tjilik Riwut yang termasuk di wilayah Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan. (Kas/Aw)

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait