Sambut Tim Penilaian Lomba Desa, Ini Harapan Wakil Bupati Mura

Wakil Bupati Murung Raya Rejikinoor saat menyambut Tim penilaian Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kalteng dihalaman Kantor Kelurahan Beriwit Kota Puruk Cahu.(Media Dayak/Ist)

Puruk Cahu, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Wakil Bupati (Wabup) Murung Raya Rejikinoor bersama Sekda Murung Raya Hermon, Kepala Dinas DPMD Asnawiyah, Wakil Ketua I TP-PKK Murung Raya Melsi Hermon, Kepala Diskop UKM Perindag Nyarutono Tunjan, Camat Murung Fitrianul Fahriman, Lurah Beriwit Khalid Ilmi menyambut rombongan tim penilaian lomba desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi tahun 2022.

Rombongan tim penilaian itu dipimpin oleh Bernie Saputra selaku Kepala Bidang Penyelenggaraan Pemerintah Desa, Dinas PMD Provinsi Kalteng. Acara tersebut berlangsung di kantor Kelurahan Beriwit, Selasa (14/6/2022).

Pada kesmpatan itu, Wakil Bupati Murung Raya Rejikinoor mengucapkan selamat datang kepada tim penilai lomba Kelurahan tingkat Provinsi Kalteng tahun 2022 di kantor Kelurahan Beriwit, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya.

Rejikinoor menyampaikan bahwa lomba Kelurahan merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat penting mengingat lomba Kelurahan ini dilaksanakan untuk menilai keberhasilan pembangunan Kelurahan dalam hal ini khususnya Kelurahan Beriwit yang dilakukan secara terarah, terkoordinasi, terpadu dan berkelanjutan.

“Sebagaimana yang kita pahami, bahwa Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah senantiasa menunjukan perhatian terhadap pembangunan Kelurahan mengingat Kelurahan merupakan entitas penyelenggaraan Pemerintahan dan pelayanan publik yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat,” jelasnya.

Perlu dipahami, kata Rejikinoor, seluruh kegiatan pembangunan yang berlangsung di kelurahan korelasinya dengan upaya percepatan capaian pembangunan diarahkan pada upaya terpadu dengan mengembangkan pemberdayaan masyarakat di dalam pembangunan dengan menetapkan kebijakan, baik dalam bentuk regulasi maupun program kegiatan yang diarahkan untuk kepentingan masyarakat.

“Contohnya beberapa program kegiatan yang sudah berjalan di Kelurahan Beriwit seperti pelayanan kepengurusan administrasi satu pintu yang dapat diakses secara online, Pemberdayaan kelembagaan PKK dalam program pemeriksaan kesehatan anak, remaja, dan lansia yang dilaksanakan setiap bulan,” paparnya.

Selain itu, lanjut Rejikinoor, pemberdayaan kelembagaan RT/RW dengan melaksanakan rapat pertemuan bulanan, pemberdayaan organisasi kepemudaan seperti Karang Taruna dan lain sebagainya. “Menurut kami, tidaklah berlebihan apabila pada saatnya nanti kami berharap Kelurahan Beriwit mendapatkan predikat terbaik dalam penilaian Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2022,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penyelenggaraan Pemerintah Desa, DPMD Provinsi Kalteng Bernie Saputra selaku tim penilai menyampaikan, perlombaan desa/kelurahan dimaknai sebagai evaluasi dan penilaian perkembangan penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan yang cepat berkembang yang dilakukan oleh Pemerintah pusat dan Pemerintah daerah yang dituangkan dalam Permendagri nomor 81 tahun 2015.

“Untuk itu, kami beserta anggota tim penilai mohon ijin untuk melaksanakan penilaian lapangan dan akan bertemu secara langsung dengan masyarakat sesuai indikator-indikator yang telah ditetapkan,” pungkasnya.(Lls/Aw)

image_print

Pos terkait

Berita Olahraga Pilihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.