SAG Sosialisasi Monitoring dan Evaluasi terkait Pembuatan dan Pelaksanaan KLHS, RPJPD Maupun RPJMD  

MEMBACAKAN – SAG Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Herson B Aden saat membacakan sambutan tertulis Sekda Provinsi Kalteng, Rabu (5/4/2023) (Foto : Media Dayak/MMC Kalteng)

Palangka Raya, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Staf Ahli Gubernur (SAG) Kalimantan Tengah (Kalteng) Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Herson B Aden, membuka secara resmi Pertemuan dan Sosialisasi dalam rangka Monitoring dan Evaluasi terkait Pembuatan dan Pelaksanaan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS), Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) maupun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) di Aula Kantor Bappedalitbang Provinsi Kalteng, Rabu (05/04).

Herson, saat membacakan sambutan tertulis Sekda Provinsi Kalteng, Nuryakin, mengutarakan dalam Permendagri Nomor : 86 Tahun 2017 dan Permendagri No 7 Tahun 2018, disebutkan bahwa dokumen KLHS dan rancangan Teknokratik RPJMD merupakan komponen utama Rancangan Awal (Ranwal) RPJMD dan RPJPD, yang prosesnya dimulai pada tahun 2023 ini di bulan Maret. 

Herson mengatakan, masalah lingkungan menjadi salah satu program prioritas dalam RPJMN 2020-2024 dan juga dalam RPJMD Provinsi Kalteng tahun 2021-2026.

“Kebutuhan penyusunan RPJMD tahun 2025-2030 kabupaten/kota se-Kalteng menjadi landasan dan pedoman Pemda dalam melaksanakan pembangunan lima tahun dan RPJMD tahun 2025-2024,”tutur Herson.

Lebih lanjut disampaikan, dengan adanya sosialisasi ini tentu akan meningkatkan kapasitas penyusunan KLHS untuk Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalteng, Pembentukan Tim Kelompok Kerja dan Tenaga Ahli Penyusun KLHS, serta Tim Validator Provinsi Kalteng.

“Saya berharap, penyusunan KLHS dapat menjadi pedoman dan tindak lanjut kita ke depan, dalam mendukung kebijakan program yang dilaksanakan di Provinsi Kalteng maupun di kabupaten/kota, khususnya dalam optimalisasi analisis isu strategis daerah, analisis capaian indikator TPB, analisis daya dukung daya tampung lingkungan hidup, serta alternatif skenario capaian TPB berbasis muatan KRP,” pungkasnya. (MMC/Ytm/Rsn)

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait