Ribuan Warga Gumas Belum Perekaman e-KTP

Kepala Disdukcapil Gumas Barthel. (Media Dayak/Ist)

Kuala Kurun, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Terdapat ribuan warga Gunung Mas (Gumas) belum melakukan perekaman e-KTP.

Demikian disampaikan Bupati Gumas Jaya S Monong melalui Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ( Disdukcapil) Barthel, Jumat (24/3).

“Ribuan warga  berasal dari 12 kecamatan, dan menjelang Pemilu (Pemilihan Umum) dan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Gunung Mas 2024, kami [Disdukcapil] terus melakukan jemput bola, turun ke kecamatan, desa/kelurahan untuk melakukan perekaman e-KTP,” ujar Barthel.

Disdukcapil juga menyasar anak usia 16 tahun untuk perekaman e-KTP melalui pelayanan Senyum Tabela yang merupakan akronim dari Usia Enam Belas Tahun, Yuk Sudah Bisa Rekam KTP Elektronik Tanpa Pungutan Biaya, Semua Layanan Gratis.

“Upaya [perekaman e-KTP] terus kami lakukan agar semua masyarakat Gunung Mas memiliki KTP, dan ini selaras dengan kebijakan pemerintah pusat yang mengharuskan semua warga negara Indonesia ber KTP elektronik,” tuturnya.

Mantan Camat Tewah itu menjelaskan, e-KTP penting dalam mendukung Pemilu dan Pilkada Gumas 2024. 

Sebagai bukti identitas diri, e-KTP berlaku secara nasional, demi terciptanya keakuratan data penduduk dalam mendukung program pembangunan, dan mendukung terwujudnya data base kependudukan yang akurat.

“Kami mengimbau warga Gunung Mas yang belum perekaman e-KTP agar segera melakukan peremakaman. KTP sangat penting dalam mendukung layanan publik, seperti kesehatan, pendidikan, transportasi, perbankan dan lainnya. Perekaman e-KTP gratis,” terangnya.

Barthel berharap sosialisasi dan jemput bola yang dilakukan dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat akan pentingnya e-KTP dalam kehidupan. (Nov/Aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait