Resmikan PYCH Papua, Presiden Jokowi dan Kepala BIN Dorong Pengembangan Talenta Pemuda Papua

Presiden Joko Widodo dan Kepala BIN Jend Pol (Purn) Budi Gunawan).(Media Dayak Ist)

Banyak pihak menilai bahwa peresmian gedung PYCH sangatlah sukses, lantaran mampu turut mengembangkan talenta muda di Papua untuk kesejahteraan masyarakat Bumi Cenderawasih.

Bacaan Lainnya

Tepat pada hari Selasa (21/3/2023) lalu, Presiden Jokowi bersama dengan Kepala BIN, Jend Pol (Purn) Budi Gunawan telah meresmikan gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH), di Jayapura.

Peresmian gedung tersebut ditujukan untuk bisa lebih memajukan Tanah Papua ke depannya, dengan adanya wadah dan sarana bagi pengembangan talenta-talenta para pemuda Papua.

Kemudian, dengan adanya gedung PYCH, Menteri Parekraf, Sandiaga Uno memberikan apresiasi tingginya.

“Ini gedung luar biasa. Dalam waktu sekitar 450 hari, gedung yang berkearifan lokal dibangun dengan cepat dan berkualitas baik bisa dihadirkan masyarakat Papua, khususnya anak muda,” ungkapnya, dalam rilis yang diterima Media Dayak.id.

Lebih lanjut, menurutnya, dengan adanya gedung PYCH jelas sangat mendukung ekonomi kreatif lantaran turut banyak UMKM yang tumbuh dan berkembang berkat binaan dari BIN.

“Ini tentu berpengaruh pada ekonomi kreatif. Saya sangat mengapresiasi dan sukses untuk Papua Youth Creative Hub,” ungkap Sandi.

Senada, apresiasi lain juga disampaikan oleh Mensos, Tri Rismaharini dan menyatakan terima kasihnya kepada Preside Jokowi.

“Terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah memberikan karya yang indah untuk anak bangsa di Papua. Sekarang guys, anak muda Papua, kalian punya tempat untuk berkreasi,” katanya.

Dirinya berharap, dengan adanya gedung PYCH tersebut mampu membawa nama baik Bumi Cenderawasih hingga ke kasta internasional.

“Bawa nama Papua, bukan hanya indonesia, melainkan juga seluruh dunia. Selamat berkarya dan selamat untuk perjuangan kalian. Sukses selalu untuk anak muda Papua. Salam,” pungkas Risma.

Sementara itu, Tokoh Pemuda Papua, Kevin Baldwin Aburyaan mengungkapkan bahwa gedung PYCH berhasil dan sukses mengkolaborasikan dan mengakselerasi perekonomian di Papua.

Bukan hanya itu, namun menurutnya gedung yang digagas oleh Kepala BIN, Jend Pol (Purn) Budi Gunawan tersebut mampu membuka peluang para pengusaha muda di Bumi Cenderawasih.

“Salah satu hasil kolaborasi tersebut adalah terbentuknya kelompok tani yang terdiri dari para petani lokal di wilayah Papua. Kelompok tani ini diberikan pelatihan tentang teknik pertanian yang efektif dan efisien, serta penggunaan teknologi yang dapat memudahkan mereka dalam mengembangkan usaha pertanian mereka,” jelas Kevin.

Para pemuda Papua pun, seperti Elia Musa Rawar turut memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasihnya kepada Presiden Jokowi dan Kepala BIN.

Menurutnya dengan adanya peresmian gedung PYCH adalah menjadi pondasi bagi pembangunan kesejahteraan masyarakat Papua.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Presiden Jokowi dan kepada Kepala BIN Bapak Budi Gunawan atas terlaksananya pembangunan dan peresmian Gedung PYCH ini,” kata Elia.(Ist/ Lsn)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait