Rendahnya Kesejahteraan Masyarakat Penyebab Tingginya Kasus Stunting

Sekda Murung Raya, Dr. Hermon,M.Si.(Media Dayak/Lsn)

Puruk Cahu, Media Dayak

 

 Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Murung Raya Hermon menyebutkan salah satu hal yang menyebabkan tingginya angka stunting di khususnya di Murung Raya yakni masih rendahnya tingkat kesejahteraan masyarakat.

Bacaan Lainnya

Oleh karena itu, langkah Pemda saat ini focus terhadap meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama dengan memberikan makanan tambahan kepada ibu dan anak, hal itu sebagai salah satu upaya pengentasan masalah kekurangan gizi kronis atau stunting di Bumi Tana Malai Tolung Lingu.

“Salah satu penyebab kurang gizi yaitu karena adanya faktor kemiskinan dalam keluarga. Di mana keluarga tidak mampu memenuhi kebutuhan pangan bergizi bagi anak yang sedang dalam masa emas pertumbuhan,” Kata Hermon, Selasa (3/1/2023).

Ia meminta agar setiap OPD maupun tingkat kecamatan, agar bisa memaksimalkan tiap program yang sudah dicanangkan untuk mengatasi masalah stunting di wilayah Murung Raya. Peran aktif dari setiap stakeholder mulai dari Disdalduk KBP3A, Dinkes hingga Dinsos juga diharapkan untuk membantu memaksimalkan penanganan stunting dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Menurut dia, dukungan yang diberikan, tentu tidak hanya sebatas penguatan ekonomi dan pemenuhan kebutuhan sandang pangan bagi keluarga kurang mampu yang ada diwilayahnya masing-masing. Tetapi juga pada bidang kesehatan yang juga termasuk dalam indikator kesejahteraan.

“Anak-anak merupakan generasi yang harus disiapkan dengan baik. Utamanya dari segi kesehatan agar mereka bisa bertumbuh dengan ideal, tidak mengalami gizi buruk apalagi sampai stunting. Perkembangan kesehatan anak-anak di desa tentunya harus bisa mendapat perhatian dan pengawasan dari pemda masing-masing,” pungkasnya.(LS/Lsn)

 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait