Presiden Jokowi dan Kepala BIN Kembangkan Potensi Pemuda Papua Lewat Peresmian PYCH

Oleh : Salmon Kadepa )*

Gedung PYCH telah sukses diresmikan oleh Presiden Joko Widodo dan Kepala BIN, Jend Polisi (Purn) Budi Gunawan. Banyak pihak menilai bahwa gedung tersebut akan mampu membantu pengembangan para talenta muda Papua sehingga sukses membawa Bumi Cenderawasih ke kancah dunia.

Bacaan Lainnya

Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) telah membuktikan lagi bagaimana perhatian beliau yang memang sangat besar kepada seluruh masyarakat Papua. Perhatian tersebut, beliau tunjukkan dengan agenda terbarunya belakangan ini, yakni terus menyediakan sarana pengembangan untuk seluruh generasi muda di Papua, dengan adanya pembangunan dan peresmian gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Jayapura pada Selasa, tanggal 21 Maret 2023 lalu.
Kemudian, dengan adanya peresmian gedung PYCH tersebut, para anak muda di Papua pun turut memberikan apresiasi. Pasalnya gedung tersebut telah berdiri dengan sangat megah dan juga memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Bersama dengan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jend Polisi (Purn) Budi Gunawan melakukan peresmian.
Bahkan, sebelum melakukan peresmian, Presiden Jokowi juga sempat berbincang dengan para anak muda Papua dan melakukan berbagai hal lain termasuk mendatangi satu per satu bagian dalam gedung PYCH itu. Menurutnya, gedung tersebut merupakan produk kreasi dan juga inovasi.
Tentunya, dengan adanya peresmian gedung yang menjadi sarana bagi pengembangan talenta muda di Tanah Papua dan juga mampu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Tanah Papua, para pemuda Papua memberikan apresiasi sangat tinggi kepada Presiden Jokowi dan juga kepada Kepala BIN, Jend Pol (Purn) Budi Gunawan.
Salah satu tokoh muda Papua, Elia Musa Rawar mengaku bahwa gedung yang merupakan gagasan dari Kepala BIN itu mampu membantu anak muda Papua untuk memiliki sarana dan prasarana bagi penunjang pondasi pembangunan kesejahteraan masyarakat di Bumi Cenderawasih.
Senada, tokoh muda Papua lainnya, Geroge Saa menyatakan bahwa dirinya memberikan dukungan penuh kepada Presiden Jokowi pada pembangunan dan peresmian gedung PYCH. Tidak lupa, dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala BIN selaku inisiator gedung Papua Youth Creative Hub.
Dengan adanya program pembangunan PYCH, mereka akan dilatih agar menjadi pengusaha muda yang mandiri. Dengan program ini maka diharap orang asli Papua (OAP) memiliki sumber daya manusia yang mumpuni dan berkualitas tinggi.
Pada kesempatan lain, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf), Sandiaga Uno turut memberikan apresiasi sangat tinggi. Menurutnya hasil pembangunan dari gedung PYCH itu sangatlah luar biasa. Pasalnya bisa diselesaikan dalam waktu yang relatif singkat, yakni 450 hari saja.
Bukan hanya itu, namun menurut Menparekraf, gedung PYCH tersebut memiliki ciri khas, yakni berkearifan lokal dan juga memiliki kualitas yang sangat baik, dan turut meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Tanah Papua.
Lebih lanjut, Sandi mengaku bahwa dengan adanya gedung PYCH maka akan sangat mendukung pengembangan ekonomi kreatif pada masyarakat, lantaran turut membantu banyak UMKM yang tumbuh dan juga berkembang, tentunya juga berkat adanya binaan dari BIN.
Sementara itu, Menteri Sosial (Mensos RI), Tri Rismaharini tidak ketinggalan memberikan apresiasi tingginya. Dirinya mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi lantaran telah memberikan sebuah karya yang indah untuk anak di Tanah Papua. Menurutnya, kini para pemuda di Papua jelas memiliki tempat untuk berkreasi.
Risma kemudian berharap bahwa dengan adanya gedung PYCH tersebut mampu membawa nama baik Bumi Cenderawasih hingga ke kasta internasional. Sehingga bukan hanya sekedar nama Papua saja yang dikembangkan, melainkan juga nama Indonesia di kancah dunia.
Di sisi lain, Tokoh Pemuda Papua, Kevin Baldwin Aburyaan mengungkapkan bahwa gedung PYCH berhasil dan sukses mengkolaborasikan dan mengakselerasi perekonomian di Papua. Bukan hanya itu, namun menurutnya gedung yang digagas oleh Kepala BIN tersebut mampu membuka peluang para pengusaha muda di Bumi Cenderawasih.
Kevin menjelaskan, salah satu hasil kolaborasi itu adalah terbentuknya kelompok tani yang terdiri dari para petani lokal di wilayah Papua. Kelompok tani ini diberikan pelatihan tentang teknik pertanian yang efektif dan efisien, serta penggunaan teknologi yang dapat memudahkan mereka dalam mengembangkan usaha pertanian mereka.
Jelas sekali bahwa dengan adanya pembangunan hingga peresmian gedung PYCH yang digagas oleh Kepala BIN, Jend Pol (Purn) Budi Gunawan dan mendapatkan dukungan penuh dari Presiden Jokowi, maka Papua sebentar lagi akan mampu terus berkembang membawa nama baiknya hingga ke kancah dunia.

)* Penulis adalah mahasiswa Papua tinggal di Bandung

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait