Plh Asisten Pemkesra Herson B Aden Buka Lomba Perahu Hias

Plh Asisten Pemkesra Herson B Aden mengibarkan bendera tanda dimulainya lomba perahu hias, Senin (20/5/2024).(Media Dayak/MMC Kalteng)

Palangka Raya, Media Dayak 

Plh Asisten Pemerintahan dan Kesra (Pemkesra) Setda Provinsi Kalteng Herson B Aden buka Lomba Perahu Hias, di Dermaga Flamboyan, Senin (20/5/2024). 
 
Saat membacakan sambutan tertulis Gubernur, Herson mengatakan lomba perahu hias yang dilaksanakan ini tidak hanya sebagai hiburan, tetapi juga untuk meningkatkan partisipasi masyarakat tepian sungai dalam menarik wisatawan untuk mengenal keindahan sungai Kalteng. 
 
“Ini juga dapat memotivasi masyarakat merawat perahu dan memperindahnya agar menarik bagi wisatawan, serta membranding tradisi lokal sebagai festival untuk hiburan masyarakat dan wisatawan,” ujarnya. 
 
Herson mengungkapkan, lomba perahu hias menjadi pesta yang dinanti-nantikan oleh seluruh masyarakat Kalteng setiap tahunnya. 
 
“Dalam event ini, penonton dari segala lapisan masyarakat dan profesi bersatu dalam kegembiraan, merayakan dengan penuh sukacita, dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Provinsi Kalteng yang ke-67 Tahun,” imbuhnya. 
 
Herson menegaskan bahwa lomba perahu hias ini bukan hanya sekedar menjadi hiburan dan tontonan, tetapi menjadi tuntunan untuk mengedukasi masyarakat agar lebih peduli, bangga dan cinta pada kebudayaan yang telah diwariskan oleh nenek moyang. 
 
“Mari kita bersama menjaga dan melestarikan nilai-nilai seni, tradisi dan keunikan budaya yang ada di Kalteng dalam bingkai falsafah Huma Betang dengan semangat tanpa memandang perbedaan agama, suku, ras, bahasa, dan perbedaan-perbedaan lainnya,” pungkasnya. (MMC/YM/Aw)
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait