Pj Bupati Sebut Pancasila Adalah Bintang Untuk Pemandu Kehidupan Bangsa

Pj Bupati Murung Raya saat membacakan amanat dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) di halaman kantor Bupati Murung Raya, Senin (3/6/2024).(Media Dayak/Lulus Riadi)

Puruk Cahu, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Pj Bupati Murung Raya, Hermon memimpin upacara peringatan hari lahir pancasila yang dilaksanakan di halaman kantor Bupati Murung Raya, Senin (3/6/2024).

Turut dihadiri unsur Forkopimda Mura, Kepala Perangkat Daerah, serta ASN dan Tenaga Kontrak lingkup Pemkab Mura.

Membacakan amanat dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Hermon mengatakan peringatan hari lahir pancasila tahun 2024 ini mengambil tema yaitu pancasila jiwa pemersatu bangsa menuju indonesia emas 2045

“Tema ini mengandung maksud bahwa pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat,” terangnya

Maka dari itu Pj Bupati mengajak untuk mensyukuri bahwa Indonesia adalah sebuah bangsa yang majemuk, dimana pancasila dan nilai – nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita – cita pendirian negara.

“keberadaan pancasila merupakan anugerah dari tuhan yang maha esa untuk bangsa Indonesia di dalam pancasila terkandung nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai- nilai inklusivitas dan  gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional bhineka tunggal ika,” tuturnya.

Tak hanya itu Hermon juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama – sama bergotong royong merawat anugerah pancasila melalui peringatan hari lahir pancasila 1 Juni.

“Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai – nilai pancasila,” katanya.(LLS/Lsn)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait