Pj Bupati Muhlis Buka Pelatihan Operator Alat Berat di LPK Kuat Perkasa Abadi Tanjung

FOTO BERSAMA PESERTA PELATIHAN-Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis didampingi Kadis Naker Kabupaten Tabalong dan Kadis Nakertranskop UKM Barito Utara, Camat Tanta dan Kepala Desa Tanta Hulu, pimpinan LPK CV Kuat Perkasa Abadi Tanjung, pelatih dan instruktur foto bersama dengan peserta pelatihan usai pembukaan, di LPK Kuat Perkasa Abadi Tanjung, Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Jumat (31/5/2024).(Media Dayak/dok.Disnakertranskop UKM Barut)

Tanjung, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Penjabat (Pj) Bupati Barito Utara Drs Muhlis secara resmi membuka kegiatan pelatihan operator alat berat Excavator, Dump Truck dan Driver Sarana LV, di LPK Kuat Perkasa Abadi Tanjung, Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2024, Jumat, (31/5/2024).

 

Dalam kegiatan pembukaan tersebut dihadiri Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Kopersai dan UKM Kabupaten Barito Utara, M Mastur, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tabalong, Camat Tanta dan Kepala Desa Tanta Hulu, pimpinan LPK CV Kuat Perkasa Abadi Tanjung, Instruktur dan nara sumber dan unangan lainnya.

 

Dalam sambutannya Pj Bupati Drs Muhlis mengatakan atas nama masyarakat dan Pemkab Barito Utara mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tabalong, Diskaertransko UKM Barito Utara serta pimpinan LPK Kuat Perkasa Abadi Tanjung atas terselenggaranya pelatihan alat berat dan Driver Sarana LV.

 

“Pelatihan ini merupakan langkah nyata dalam upaya kita meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), ditengah tantangan globalisasi dan perkembangan industri yang begitu pesat, dimana memiliki tenaga kerja yang terampil dan kompeten menjadi suatu keharusan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi,” kata Pj Bupati Muhlis.

 

Pj Bupati Muhlis, juga mengatakan bahwa perlunya upaya mengantisipasi kemungkinan             akan potensi meningkatnya tingkat pengangguran di Kabupaten Barito Utara, yang salah satu penyebabnya adalah tenaga kerja berpendidikan dan berketerampilan rendah.

 

“Maka dari itu Pemerintah Kabupaten Barito Utara memberikan perhatian serius untuk menemukan solusi penanganan yang tepat. Dan salah satu upaya yang terus dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan adalah menjalin kerjasama dengan lembaga pelatihan kerja swasta dan stakeholder terkait lainnya, untuk menyelenggarakan program pelatihan berbasis vokasi dan kompetensi, yakni salah satunya pelatihan operator alat berat dan driver Sarana LV,” kata dia.

 

Menurut Pj Bupati Muhlis, pelatihan ini penting dilaksanakan guna membekali, serta meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan kompetensi tenaga kerja, agar mereka dapat siap bersaing dan mempunyai peluang besar terserap di dunia kerja,

 

“Sehingga nantinya mampu meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja dan keluarganya, sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan,” imbuhnya.

 

Menurut Pj Bupati, dengan meningkatnya pendapatan dan pertumbuhan ekonomi akan memberikan dampak positif terhadap menurunnya tingkat inflasi daerah dan tingkat pengangguran serta kemiskinan di wilayah Kabupaten Barito Utara Provinsi Kalimantaan Tengah.

 

“Saya berharap kepada para peserta pelatihan dapat mengikuti seluruh rundown kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, semangat dan disiplin. Manfaatkan setiap sesi pelatihan untuk menggali ilmu dan pengetahuan sebanyak-banyaknya dari para instruktur/pengajar yang telah berpengalaman,” pinta Pj Bupati Muhlis.

 

Ingatlah dia menamahkan bahwa apa yang kalian pelajari di sini akan menjadi bekal yang sangat berharga dalam meniti karir dan memberikan kontribusi nyata bagi tenaga kerja pribadi, keluarga dan kemajuan daerah kita Kabupaten Barito Utara.

 

“Harapan kita bersama agar kerjasama antara LPK, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tabalong dan Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Kabupaten Barito Utara dapat terus berlanjut, agar dapat menghasilkan tenaga kerja yang mempunyai kemampuan dan kualitas yang siap pakai dan dapat bersaing di dunia globalisasi,” ucap Muhlis.

 

Muhlis juga menyampaikan atas nama pribadi, Pemkab dan masyarakat Barito Utara mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya, kepada kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tabalong, Kepala Disnakertranskop-UKM Barito Utara beserta jajarannya, LPK CV Kuat Perkasa Abadi Tanjung, para instruktur dan narasumber serta pihak lainnya.

 

“Yang telah bekerja keras dan ikhlas mempersiapkan dan melaksanakan pelatihan ini. Semoga kegiatan pelatihan ini berjalan dengan baik dan lancar,” pungkasnya.(lna/Lsn)

 

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait