Pj Bupati Lepas Kontingen FBIM Katingan

Pj Bupati Katingan, Saiful saat melepas kontingen FBIM Kabupaten yang akan mengikuti FBIM di Kota Palangka Raya, Rabu pagi (15/5), di depan kantor Bupati Katingan.(Media Dayak/Ist)

Kasongan, Media Dayak

Penjabat (Pj) Bupati Katingan, Saiful lepas kontingen Festival Budaya Isen Mulang (FBIM), Rabu pagi (15/5), di halaman kantor Bupati setempat. 
 
Hadir dalam pelepasan tersebut, selain Plt Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Katingan, Kalpin beserta jajarannya, juga sejumlah asisten, staf akhli dan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan. 
 
Pj Bupati dalam sambutannya mengatakan, FBIM ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan dalan rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 67 tahun Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) sebagai upaya pelestarian seni dan budaya lokal Kalteng. “Makanya, kegiatan ini diikuti oleh seluruh Pemkab dan Kota yang ada di Kalteng,” kata Saiful. 
 
Dengan dilepasnya kontingen FBIM Kabupaten Katingan pada pagi itu, dirinya berharap kepada semua peserta, selama mengikuti berbagai jenis lomba agar dapat mengikuti seluruh rangkaian yang diperlombakan dengan baik, jujur dan menampilkan kemampuan maksimal sesuai dengan ketentuan, serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas sesuai dengan peraturan penilaian yang yang telah ditetapkan oleh panitia pelaksana. “Selamat jalan kepada seluruh peserta, pendamping, pelatih dan selamat pula sampai ke tujuan,” ucap orang nomor satu di bumi Penyang Hinje Simpei ini. 
 
Di tempat yang sama Plt kepala Disbudparpora Kabupaten Katingan, Kalpin dalam laporannya mengatakan, peserta, pendamping dan pelatih yang mengikuti FBIM se Kalteng ini seluruhnya berjumlah sekitar 119 orang. “Sedangkan tempat pelaksanaan di kota Palangka Raya,” kata Kalpin, seraya menyebutkan waktu pelaksanaannya, yakni sekitar lima hari atau sejak tanggal 18 hingga 24 Mei 2024. 
 
Sementara jumlah cabang lomba yang diikuti sekitar 10 cabang dari 18 cabang lomba, lanjutnya, diantaranya lomba pawai budaya, lomba balogo putra, lomba bajukung tradisional putra-putri, lomba base kambe, lomba manyipet, lawang skepeng putra, lomba putera-puteri dan lomba jagau-bawi nyai dan lomba tari pedalaman. (Kas/Aw)
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait