Pj.Bupati Herson Imbau ASN Jaga Netralitas di Pilkada

Pj.Bupati Gumas Herson B.Aden. (Media Dayak/Ist)

Kuala Kurun, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Gubernur/Wakil Gubernur Kalteng dan Bupati/Wakil Bupati Gunung Mas (Gumas) tahun 2024 ini, Penjabat (Pj) Bupati Gumas Herson B.Aden mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Gumas untuk tetap menjunjung tinggi netralitas.

“Netralitas ASN di Kabupaten Gunung Mas sangat penting dalam menjaga integritas dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas pemerintahan dan pelayan kepada masyarakat,”kata Herson,Senin (10/6).

“ASN harus netral dan boleh tidak terlibat dalam kegiatan politik yang bertentangan dengan perannya sebagai pelayan masyarakat. Ini untuk mewujudkan pilkada di wilayah ini berlangsung demokratis dan kondusif,” tegas Herson menambahkan.

Menurutnya, UU Nomor 5 Tahun 2024 telah mengamanatkan ASN harus patuh pada asas netralitas dengan tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan tertentu.

“Hal itu harus dapat difahami dan dipatuhi oleh ASN. Kita ingin ASN fokus pada tugas dan kewajibannya sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat,”tegas Herson.

Dikatakannya, siapapun nanti calon yang akan maju menjadi pemimpin pemerintah daerah Kabupaten Gumas, kita semua harus menjaga sikap dan menahan diri. Biarlah mereka berkompetisi dengan seportif dan sesuai aturan

Pada pemilu 14 Februari yang lalu, diakui Herson pelaksanaan pemilu di Gumas  berjalan aman dan kondusif. Hal itu karena kerja sama, koordinasi dan peran serta dari stakeholder dan semua lapisan masyarakat.

“Kita semua berharap dalam pelaksanaan pilkada serentak tahun ini dapat berjalan secara langsung, umum bebas, rahasia, jujur dan adil,” ucapnya. (Nov/Aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait