Pj Bupati Barito Utara Menghadiri Karnaval FBIM Tahun 2024

HADIRI KARNAVAL FBIM-Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis didampingi anggota DPRD Barito Utara dan Kadis Budparpora menghadiri kegiatan Karnaval Budaya Isem Mulang di Palangka Raya, Minggu (19/5/2024).(Media Dayak/ist)

Palangka Raya, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) turut serta untuk menyemarakkan Karnaval Budaya Isen Mulang Tahun 2024 yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, Minggu (19/5/2024).

 

Karnaval FBIM dibuka secara langsung Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran yang juga dihadiri Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis didampingi Kadis Budparpora dan anggota DPRD Barito Utara di Bundaran Besar Palangka Raya.

 

Mobil Hias Pemerintah Kabupaten Barito Utara dalam karnaval ini mengusung tema Tradisi Daerah Manyaluang yang merupakan kegiatan berburu ikan khas daerah aliran sungai Barito yang menjadi aktivitas masyarakat adat dayak di Kabupaten Barito Utara.

 

Saluang merupakan ikan khas perairan di DAS Barito yang hidup secara berkelompok memiliki ukuran yang kecil rasa gurih dan manis ketika menjadi olahan pangan.

 

Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran menyampaikan rangkaian kegiatan hari ini dalam rangka memeriahkan hari jadi Propinsi Kalimantan Tengah yang Ke-67 sekaligus sebagai salah satu bentuk promosi seni budaya dan penunjang kepariwisataan nasional dalam mendukung Program “Wonderful Indonesia” Kementriaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

 

“FBIM ini telah dimasukan dalam Kharisma Event Nusantara serta Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata Indonesia,” kata Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran.

 

Sementara Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis menyampaikan festival budaya adalah momen bagi setiap daerah dalam memperkenalkan keindahan dan keanekaragaman budaya-budaya ditingkat nasional maupun internasional dengan tujuan menarik wisatawan ke Kalimantan Tengah, khususnya di Kabupaten Barito Utara.

 

“Hal ini diharapkan nantinya akan berdampak pada peningkatan ekonomi daerah di Kalimantan Tengah dan Kabupaten Barito Utara pada khususnya,” kata Pj Bupati Muhlis.

 

Usai menghadiri Karnaval Budaya Isen Mulang Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis berkeliling mengujungi asrama tempat penampungan kotingen Kabupaten Barito Utara untuk memberikan semangat serta dukungan kepada peserta yang mengikuti rangkaian lomba Isen Mulang.(lna/Lsn)

 

 

 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait