Pimpin Rakor Kesiapan Desk Pemilu, Ketua Desk Tekankan Tingkat Partisipasi Pemilih

Sekda Provinsi Kalteng Nuryakin saat pimpin rapat, Senin (12/2/2024).(Media Dayak/MMC Kalteng)
 
Palangka Raya, Media Dayak
 
Sekda Provinsi Kalteng Nuryakin yang juga merupakan Ketua Desk Pemilu Provinsi Kalteng pimpin  Rapat Koordinasi Persiapan Pemilu 2024, bertempat di Aula Kesbangpol Kalteng, Senin (12/2/2024).
 
Rapat ini diikuti Tim Desk Pemilu Provinsi Kalteng langsung serta diikuti secara virtual dari tempat masing-masing oleh Tim Desk Kabupaten/Kota se-Kalteng. Sebagaimana diberitakan, pada Rabu 7 Februari 2024 yang lalu, Tim Desk Pemilu Provinsi Kalteng juga telah menggelar Rapat Persiapan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024. Kegiatan ini digelar untuk memastikan tahapan pemilu 14 Februari 2024 mendatang berjalan dengan baik dan aman.
 
Dalam arahan pengantarnya, Ketua Desk Pemilu Kalteng Nuryakin menyampaikan Desk Pemilu provinsi/ kabupaten/kota memiliki tugas sebagaimana ASN selaku Aparatur Pemerintah yang melakukan pemantauan terhadap situasi kondisi kesiapan Penyelenggara Pemilu yang dilaksanakan KPU dan Bawaslu.
 
Nuryakin menegaskan agar logistik Pemilu sudah sampai ke TPS masing-masing. Berdasarkan laporan, logistik pemilu sudah sampai di kabupaten/kota. Dalam distribusi logistik ke kabupaten/ kota belum ada kendala yang berarti yang berarti Provinsi Kalteng aman dan nyaman.
 
Ia meminta agar seluruh pihak terkait gencar mensosialisasikan tata cara pencoblosan yang benar. “Pemilu sukses apabila angka partisipasi masyarakat tinggi. Untuk itu, perlu sosialisasi terutama tentang tata cara pencoblosan yang belum maksimal,_ tutur Nuryakin.
 
Ia menegaskan bahwa sosialisasi merupakan hal yang sangat penting. Walaupun telah dibantu oleh Parpol dan Tim Kampanye Nasional, tapi sangat terbatas hanya pada beberapa titik saja.
 
Pada kesempatan tersebut, Nuryakin mengimbau kepada ASN dan PPNPN di lingkungan Pemprov Kalteng untuk melakukan pengecekan DPT secara online melalui situs web resmi KPU. Sekda berpesan kepada seluruh Tim Desk kabupaten/kota serta seluruh stakeholders terkait agar standby dan waspada, jangan sampai lengah.
 
“Bapak Gubernur dan Forkopimda rencananya akan melakukan pemantauan dan pengecekan ke TPS-TPS di tiga kabupaten/ kota diantaranya Palangka Raya, Pulang Pisau dan Katingan. Kabupaten/ kota agar menyiapkan TPS yang akan dikunjungi. Minimal ada satu TPS yang menampilkan busana/budaya daerah,” pesan Sekda.
 
Terkait dengan mekanisme pelaporan hasil pemilu melalui Aplikasi SISUKAH, disampaikan Nuryakin bahwa Desk Pemilu akan menyamakan format laporan dimana data yang disebarkan kepada publik harus seijin Desk Pemilu, tidak boleh langsung diberikan.
 
Terakhir, Sekda meminta kepada Bupati/Pj Bupati/Pj Wali Kota agar mengintruksikan kepada para camat untuk melakukan pemantauan dan pengecekan ke TPS di wilayah masing-masing.
 
“Daerah-daerah terpencil agar dimaksimalkan pemantauannya terutama terkait logistik Pemilu,” tegasnya.
 
Diharapkan setiap aktivitas harus terukur dan tercatat. “Kita berharap Pemilu 2024 di Kalteng sukses, berintegritas, jujur, aman dan damai,” pungkasnya.
 
Sementara itu, Plh Asisten Pemkesra Herson B Aden mengatakan agar kabupaten/kota yang belum mengalokasikan anggaran untuk pelaksanaan Pemilu Pilkada 2024 agar menganggarkannya melalui APBD Perubahan 2024.(MMC/Ytm/Lsn)
 
 
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait