Pesparawi XVII Tingkat Provinsi Kalteng di Kabupaten Pulpis Resmi Dibuka Wamen Agama RI

 
Pulang Pisau, Media Dayak
 
Pembukaan Pentas Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) ke XVII 2024 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), yang dilaksanakan di Kabupaten Pulang Pisau resmi dibuka oleh Wakil Menteri Agama (Wamen)  RI, Saiful Rahmat Basuki di Stadion H.M Sanusi, Sabtu (29/6/2024) malam.
 
Dalam sambutannya, 
Wamen Agama RI, H. Saiful Rahmat Basuki menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya ajang lomba tarik suara agama kristen atau Pesparawi ke XVII tahun 2024 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah ini.
 
“Pesparawi di Kalimantan Tengah pada tahun ini sudah yang ke XVII kali, sementara tingkat nasional baru XIII kali. Ini menunjukan bagaimana animo dan semangat masyarakat Kalteng, kecintaannya terhadap agama dan kecintaannya terhadap daerahnya begitu besar. Sehingga Pesparawi ini mengalahkan penyelenggaraan Pesparawi tingkat nasional,” kata Basuki.
 
Ia juga mengatakan bahwa acara Pesparawi ini merupakan wujud kebersamaan dalam memuliakan Tuhan melalui paduan musik dan suara yang tidak hanya memperindah telinga tetapi juga bagaimana dengan paduan suara ini mempu menembus relung-relung hati, sehingga semangat beragama menjadikan semangat untuk saling mengasihi dan menyayangi antar umat beragama.
 
“Kita berharap, dengan agenda Pesparawi ini, mampu menumbuhkan, mengembangkan terus semangat toleransi dan saling menghargai dalam keberagaman diantara kita”, harapnya.
 
Tidak lupa, Basuki juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang sudah bekerjasama dalam mempersiapkan segala sesuatunya demi terselenggaranya kegiatan Pesparawi ini.
 
“Secara khusus saya berterima kasih kepada ibu Pj Bupati Pulang Pisau, sebgai tuan rumah yang telah menggelar acara ini dengan penuh semangat dan kesugungguhan, begitu juga panitia yang sudah bekerja keras untuk memastikan acara ini berjalan dengan sukses dan lancar,” ucap Basuki.
 
Sementara itu, dalam sambutannya, Pj Bupati Pulang Pisau, Hj Nunu Andriani, juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Provinsi Kalteng dan secara khusus kepada pengurus Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) Provinsi Kalteng, karena sudah diberikan kepercayaan untuk menjadi tuan rumah pada pelaksanaan event yang digelar 3 tahunan ini. 
 
“Penghargaan kami berikan juga kepada ketua dan pengurus LPPD Kabupaten Pulang Pisau, panitia penyelenggara Pesparawi ke XVII 2024  tingkat provinsi Kalteng di Pulang Pisau yang telah mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan ini, secara baik dengan harapan sukses hingga selesainya acara,” kata Nunu.
 
Secara pribadi dan pemerintah Kabupaten Pulang Pisau, Nunu juga berterima kasih kepada panitia penyelenggara, atas kerja kerasnya yang luar biasa, dalam berkoordinasi dan berkomunikasi dengan berbagai pihak untuk kelancaran acara ini. 
 
“Terima kasih juga atas dukungan dari gubernur dan wakil gubernur kalimantan tengah, Forkopimda Provinsi Kalteng, bupati/walikota se-Kalteng, Forkopimda Kabupaten Pulang Pisau, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Kalteng  dan Pulang Pisau, OPD Lingkup Pemprov maupun Kabupaten Pulang Pisau, serta semua pihak yang telah berkontribusi serta hadir mendukung suksesnya penyelenggaraan acara ini,” ujar Nunu.
 
Sementara, jumlah peserta yang hadir dari 13 kabupaten dan 1 kota se-Kalteng  sebanyak 2695 orang, dari beberapa kelompok usia. Jumlah ini belum terhitung dengan pendamping, pemantau dan serta tamu undangan yang datang ke Pulpis yang kebetulan tahun ini berusia 22 tahun yang akan dirayakan pada tanggal 2 Juli nanti. 
 
Hadir pada acara pembukaan tersebut, Sekretaris Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama RI, Johni Tilaar, Anggota DPR RI asal Kalteng H. Agustiar Sabran, Wakil Gubernur Kalteng, H Eddy Pratowo, Forkopimda, OPD Provinsi dan Kabupaten Pulang Pisau.
(Alp/Lsn)
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait