Personil Polres Seruyan Laksanakan Serah Terima Piket Jaga

 
Kuala Pembuang, Media Dayak 
 
 Serah terima personil Polres Seruyan agar memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat dan mengamankan Mako Polres Seruyan, Rabu (22/03/2023) Pagi.
 
Pelaksanaan Serah terima tugas jaga wajib dilaksanakan anggota Piket, selain untuk mengecek keberadaaan anggota, juga untuk meningkatkan disiplin dan tata tertib anggota dalam melaksanakan tugas serta mengoptimalkan tugas Mako, sekaligus pelayanan kepada masyarakat.
 Dalam serah terima penjagaan tersebut anggota jaga Polres Seruyan melakukan serah terima penjagaan dan langsung pengecekan ke ruang tahanan serta seluruh barang inventaris dinas yang ada, terutama kendaraan, senpi dan amunisi dinas.
 Hal ini harus secara jeli ada yang hilang akan berakibat fatal, kegiatan ini rutin dilakukan setiap pergantian karena penjagaan oleh personel SPKT dan piket fungsi. Saat pelaksanaan tugas jaga seluruh inventaris di cek satu persatu mulai dari mengecek register – register terkait dengan pelaksanaan tugas yaitu jumlah, senpi dinas, patroli mobil, dan barang inventaris lainnya yang sesuai dengan SOP yang sudah berlaku. Yang bertanggung jawab adalah Piket Pawas (Perwira Pengawas) yang memimpin apel serah terima hingga menyelesaikan tugas selama 1X24 Jam.
 Kapolres Seruyan AKBP Gatot Istanto S.I.K., mengatakan tujuan Pengamanan (PAM) Jaga Mako Polres ini guna memudahkan pengecekan maupun pemeriksaan orang yang datang maupun tamu yang tidak kenal untuk memasuki Mako Polres Seruyan guna untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan.
 Maka dari itu kita anggota Jaga Piket Mako wajib melakukan pengawasan di pintu masuk atau gerbang untuk mencegah kemungkinan terjadinya tindak kejahatan terutama masyarakat yang mau melapor kekantor polisi kita.
 Dengan melakukan pemeriksaan lebih dahulu terhadap tamu yang akan datang ke kantor  polisi, karena di daerah lain sering terjadi penyerangan terhadap personel yang jaga mako, untuk itu kita sebagai anggota yang melaksanakan Piket di penjagaan Mako Polres Seruyan dan Polsek Jajaran perlu kita mewaspadai dan memeriksa barang – barang bawanya sehingga kita dapat mengantisipasi tindakan tindak kriminal.
 Untuk itu setiap pimpinan selalu menghimbau dan mengingatkan bagi anggota yang melaksanakan jaga mako untuk selalu meningkatkan kewaspadaan salah satunya dengan PAM sesuai SOP pada saat mako siaga dan ini merupakan Program Direktif Kapolda Kalteng.
 Tentunya setiap kegiatan anggota yang piket jaga mako penjagaan dan pelayanan tetap menerapkan protokol kesehatan, pungkas Kapolres Seruyan. (Hms/Lsn)
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait