Perkokoh Persatuan Kesatuan dengan Nila-nilai Pancasila

Anggota DPRD Gumas Rayaniatie Djangkan. (Media Dayak/Novri JKH)

Kuala Kurun, Media Dayak

Peringatan hari lahir (harlah) Pancasila 1 Juni 2024 menjadi momentum bagi masyarakat Gumas untuk semakin memperkokoh persatuan dan kesatuan dalam keberagaman yang ada.

Pernyataan itu disampaikan anggota DPRD Gunung Mas (Gumas) Rayaniatie Djangkan selepas upacara peringatan harlah Pancasila 1 Juni 2024 di Halaman Kantor Bupati Gumas, Sabtu (1/6)

“Persatuan dan kesatuan modal kita dalam membangun wilayah ini, dengan dilandasi semangat Pancasila, berkarya, bekerja bersama membangun Kabupaten Gunung Mas yang semakin maju dan semakin meningkat kesejahteraan masyarakat dalam falsafah Huma Betang, Negara Kesatuan Republik Indonesia,”tutur Raya

Menurutnya, Pancasila merupakan soko guru agar masyarakat merasa aman, tentram dan sejahtera, terhindar dari ancaman dan gangguan.Nilai-nilai Pancasila harus membumi di masyarakat, dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kepada pelajar dan generasi muda, legislator dapil I itu mengimbau untuk memahami dan melaksanakan nilai-nilai Pancasila yang dapat membentengi dari pengaruh negatif di era kemajuan teknologi saat ini, serta  bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa

“Nilai-nilai Pancasila yang difahami dan dilaksanakan oleh kaum milenial dan gen-Z, akan menjadikan mereka memiliki semangat kebangsaan yang tinggi dan dapat bersikap bijaksana dalam menghadapi dinamika sosial yang ada,”sebutnya.

Menghadapi pilkada Gumas, politis PAN itu menyerukan masyarakat tetap menjaga kondusifitas daerah, dengan  tidak mengeluarkan pernyataan di media sosial yang dapat menimbulkan polarisasi di masyarakat.

“Dengan nilai-nilai Pancasila dan falsafah Huma Betang, segala tahapan dalam pilkada Gunung Mas hingga hari pemililihan 27 November 2024 akan berjalan aman dan lancar, persatuan dan kesatuan tetap terjaga dengan baik,”demikian Raya. (Nov/Lsn)