Peran Penting Wartawan Dukung Publikasi Keberhasilan Pembangunan Papua

Oleh: Matias Tabuni

Seluruh wartawan di Tanah Air memiliki peranan yang sangat penting dalam mendukung serta mempublikasikan keberhasilan pembangunan Papua oleh Pemerintah selama ini. Pasalnya, keterbukaan akses informasi dan juga publikasi tersebut biasanya tidak terlalu terekspos jika berkaitan dengan pembangunan di Papua, padahal selama ini Pemerintah telah menjalankan segenap upaya dan strategi dalam menggalakkan percepatan pembangunan di Bumi Cenderawasih dengan sangat berhasil.
Tentunya jika keberhasilan yang sekaligus menjadi prestasi dalam pembangunan Papua itu masih belum bisa terpublikasi dengan optimal dan maksimal, maka dalam hal ini, peranan para wartawan menjadi sangat penting.
Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Sekretariat Jenderal (Setjen) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Indra Pahlevi menilai bahwa media dan para wartawan memiliki peran yang strategis untuk semakin memperkuat adanya dukungan terhadap inisiatif pembangunan di setiap daerah di Tanah Air, termasuk Papua.
Wartawan dan media memiliki peran yang sangat penting untuk mendukung kesuksesan pembangunan tersebut, karena mereka mampu menyampaikan informasi dan menciptakan opini publik serta terus memperkuat dukungan terhadap inisatif pemerintah dalam pembangunan di Papua.
Sinergitas antara para wartawan dengan pemerintah dalam hal menyukseskan pembangunan suatu wilayah merupakan kunci utama dalam keberhasilan publikasi tersebut. Sehingga tatkala publikasi dengan optimal tersampaikan pada publik, masyarakat pun turut mendukung penuh upaya pembangunan di Provinsi paling Timur Indonesia itu.
Dengan bantuan dari media massa dan para wartawan sebagai wadah untuk melayani kebutuhan masyarakat terhadap penyajian informasi serta menyalurkan berbagai macam pesan dan aspirasi rakyat, jelas sekali bahwa masyarakat orang asli Papua (OAP) membutuhkannya.
Media dan wartawan jelas menjadi sangat penting dalam upaya semakin memajukan suatu daerah, pasalnya melalui pemberitaan di media, maka masyarakat juga bisa mengetahui perkembangan pembangunan, pemerintahan dan pelayanan kemasyarakatan. Sehingga tidak berlebihan jika terdapat anggapan bahwa kemajuan suatu daerah sangat bergantung oleh keterlibatan seluruh pemangku kepentingan atau stakeholder, salah satunya adalah termasuk media dan wartawan.
Mereka semua memiliki peranan yang sangat penting dalam menginformasikan seperti apa kebijakan, program pembangunan masyarakat di Papua dan kepada bangsa Indonesia pada umumnya, bahkan kepada dunia melalui media, terlebih di jaman sekarang terdapat pemanfaatan dunia digital sehingga menjadikan seluruh manusia di dunia pun bisa mengetahui pesatnya dan berhasilnya pembangunan di Bumi Cenderawasih.
Peranan para kontributor media atau wartawan dalam seua kegiatan serta berbagai hasil daerah sangat penting karena publikasi mereka akan bukti nyata pembangunan maupun program dan kegiatan kebijakan oleh pemerintah tidak bisa terekspos di publik luas jika tidak terkomunikasikan dengan baik oleh media.
Maka dari itu, Penjabat (Pj) Gubernur Papua Tengah, Dr. Ribka Haluk terus mendorong peran wartawan dalam mempublikasikan pembangunan di daerah. Menurutnya, wartawan sebagai mitra pemerintah dalam hal publikasi progress pembangunan di Bumi Cenderawasih sehingga hal tersebut mampu tersampaikan dengan baik pada masyarakat luas.
Pesan dari masyarakat orang asli Papua (OAP) juga akan mampu tersampaikan melalui pemberitaan para wartawan sehingga pemerintah juga bisa lebih tepat sasaran tatkala memberlakukan kebijakan atau programnya demi peningkatan kesejahteraan rakyat.
Sementara itu, salah satu tokoh adat Papua, Yanto Eluay berpesan kepada seluruh jurnalis untuk terus mengawal dan mempublikasikan program pembangunan ke masyarakat. Wartawan juga bisa menjadi corong penyampai pesan atau harapan para tokoh adat, sehingga suara mereka terdengar dengan lebih luas.
Ketika para jurnalis turut andil dan mengambil peran aktif mereka dalam publikasi, maka sebenarnya sama saja mereka memiliki fungsi dan peran strategis di tengah masyarakat Indonesia, yakni untuk mengedukasi, memberitakan persitiwa agar rakyat mampu memahami dan mengetahui apa saja program pemerintah yang tengah berjalan.
Harapan sangat besar terus menyertai para jurnalis untuk mempublikasikan informasi melalui media mereka masing-masing agar pesan-pesan dari para tokoh adat Papua dalam hal pembangunan masyarakat dan memajukan Tanah Papua bisa tersampaikan dengan sangat baik ke khalayak luas.
Semua pihak, seperti Pemerintah, tokoh adat dan para stakeholder juga harus memiliki komtimen yang sama kuatnya dalam mendukung penuh percepatan pembangunan di Bumi Cenderawasih.
Senada, Penjabat (Pj) Walikota Jayapura, Frans Pekey juga menganggap bahwa insan pers memiliki peranan yang sangat penting dalam pembangunan wilayah tersebut. Pihak pers selama ini telah banyak berkontribusi dalam memberikan informasi, baik itu kejadian atau peristiwa maupun program pembangunan dari pemerintah.
Saat ini, dengan semakin banyaknya media entah itu secara cetak, elektronik ataupun media online, jelas pemerintah merasa sangat terbantu dengan kerja rekan media, terutama mengenai publikasi akan program pembangunan untuk Papua.

Bacaan Lainnya

*) Mahasiswa Ilmu Sosial Universitas Kristen Krida Wacana

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait