Pemprov Kalteng Terima Bantuan Alat dan Mesin Pertanian dari Menteri Pertanian

Mentan RI Andi Amran Sulaiman saat menyerahkan secara simbolis kepada Sekda Provinsi Kalteng Nuryakin bantuan untuk Provinsi Kalteng, Jum’at (14/6/2024)(MMC Kalteng)

Palangka Raya, Media Dayak 

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi  Kalteng Nuryakin menghadiri Apel Siaga Alat dan Mesin Pertanian, bertempat di Lapangan Bola Makorem 102/Pjg, Palangka Raya, Jumat (14/6/2024). 
 
Apel digelar dalam rangka Peningkatan Lahan Tanam dan Produksi Pertanian di Kalteng melalui Pompanisasi. Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman saat pimpin Apel menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Kalteng beserta seluruh Unsur Forkopimda Provinsi Kalteng atas dukungan percepatan Optimasi Lahan dan Pompanisasi di Provinsi Kalteng.
 
“Hari ini melihat kemajuan optimalisasi lahan terbaik seluruh Indonesia. Saat ini kita berikan kurang lebih 81000 Ha, dimana bantuan pemerintah ini merupakan bantuan terbesar kedua seluruh Indonesia,” tutur Andi Amran.
 
Mentan berharap opla dikerjakan secepatnya. “Kalau ini  selesai dalam waktu cepat, kami akan menambah bantuan di Kalteng,” terangnya.
 
Andi juga mengharapkan Kalteng dapat membangun cluster menjadi lumbung pangan Indonesia bahkan dunia.
 
Mentan mengapresiasi Provinsi Kalteng karena capaian Opla cukup maju dibanding dengan provinsi lainnya. “Capaian opla terbaik seluruh Indonesia ada di Kalteng sudah mencapai 25 Hektar,” ungkapnya.
 
Diungkapkan Mentan, bantuan yang disalurkan kurang lebih 500 Miliar. “Produksi beras di Kalteng sudah menggembirakan. Sekarang sudah surplus kurang lebih  100 ribu ton, kalau opla selesai kita harapkan bisa mencapai 500 ribu ton tetapi kalau kita bangun 500 ribu ha, kita harapkan bisa surplus 3 juta ton,” ungkapnya.
 
Ia mengharapkan beras Kalteng bisa menyuplai daerah Kalimantan yang masih defisit dan yang kedua adalah ekspor.
 
Usai menggelar Apel, Mentan Andi Amran Sulaiman menyerahkan secara simbolis kepada Sekda Provinsi Kalteng Nuryakin bantuan untuk Provinsi Kalteng yakni program Kementerian Pertanian TA 2024 berupa bantuan alat dan mesin pertanian senilai Rp8.039. 600.000,-. 
 
Sebagai informasi, bantuan pompa yang diberikan Kementan untuk Provinsi Kalteng pada tahun 2024 ini sebanyak 67 unit atau setara dengan Rp2,06 miliar. Selain itu, ada juga bantuan traktor roda 4 sebanyak 10 unit atau setara dengan Rp3,8 miliar dan bantuan traktor roda dua sebanyak 68 unit atau setara dengan Rp 2,17 miliar.(MMC/YM/Aw)
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait