Pemprov Kalteng Komitmen Lakukan Upaya Pencegahan Korupsi

Disaksikan Wagub Kalteng Edy Pratowo Inspektur Daerah Provinsi Kalteng Saring, saat menandatangani Pakta Integritas dan Komitmen Bersama Antikorupsi, Kamis (4/7/2024)(Media Dayak/MMC Kalteng)

Palangka Raya, Media Dayak 

Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng Edy Pratowo, membuka secara resmi Rapat Koordinasi Pengendalian dan Evaluasi (Rakordalev) Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah Provinsi dan Kabupaten Kota se-Kalteng Semester I Tahun 2024 sekaligus melakukan penandatanganan Pakta Integritas dan Komitmen Bersama Antikorupsi lingkup Pemprov Kalteng, bertempat di Aula Bappedalitbang Provinsi Kalteng, Kamis (4/7/2024).
 
Wagub Edy Pratowo mengatakan bahwa Rakordalev dilaksanakan dalam rangka evaluasi terhadap Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah Kalteng Kondisi Semester I tahun 2024, sebagaimana termuat dalam RKPD Provinsi Kalteng Tahun 2024.
 
“Sedangkan Kabupaten/Kota mengevaluasi RKPD tahun 2024 pada wilayahnya masing-masing, hasil evaluasi ini harus menjadi masukan untuk rencana pembangunan tahun 2026,” ucapnya.
 
Diungkapkannya pula, fokus Pembangunan Kalimantan Tengah tahun 2024 yakni infrastruktur, seperti pendidikan, kesehatan, serta perekonomian secara luas, maka multiyears infrastruktur Provinsi Kalteng masih berjalan saat ini, untuk pembangunan dan peningkatan beberapa ruas jalan untuk membuka isolasi daerah dan menumbuhkan perekonomian masyarakat.
 
Kemudian, untuk ke depannya program pembangunan infrastruktur tetap diprioritaskan (pembangunan jalan, jembatan, irigasi, pengembangan pelabuhan udara dan pembangunan pelabuhan laut). 
 
Ia meyakini, pencapaian pembangunan Kalteng bisa lebih dari kondisi sekarang, hal ini karena belum optimalnya daya dan upaya dalam pembangunan. “Oleh karena itu, saya mengajak kita tetap semangat bekerja untuk mencapai kesejahteraan masyarakat yang lebih baik, karena pada hakekatnya pembangunan adalah untuk masyarakat sejahtera,” ungkapnya.
 
Terkait dengan penandatanganan Pakta Integritas dan Komitmen Bersama Antikorupsi yang telah kita lakukan tadi lanjutnya, diminta kepada seluruh pejabat di lingkup Pemprov Kalteng untuk dapat membangun dan memperkuat budaya integritas, mengurangi dan mencegah praktik-praktik korupsi.
 
“Serta mendorong transparansi dalam pengelolaan anggaran dan kebijakan publik, meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah daerah, mendorong terciptanya pemerintahan yang efisien dan efektif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, serta menunjukkan dukungan penuh terhadap penegakan hukum yang adil dan tegas terhadap pelaku korupsi,” harapnya.
 
Sementara itu, Inspektur Daerah Provinsi Kalteng Saring, saat ditemui usai kegiatan menyampaikan bahwa berdasarkan hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) Tahun 2023 yang dilakukan oleh KPK RI pada Pemprov Kalteng, direkomendasikan agar melakukan perbaikan mendasar dan menyeluruh untuk memperkuat upaya pencegahan korupsi.
 
“Oleh karena itu, proses Penandatanganan Pakta Integritas dan Komitmen Bersama Antikorupsi sebagaimana yang telah dilakukan dan kita saksikan bersama tadi merupakan bentuk komitmen Pemprov Kalteng dalam upaya pencegahan korupsi di lingkup Pemprov Kalteng,” pungkasnya.(MMC/YM/Aw)
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait