Pemprov Kalteng Gelar Pelatihan Pembuatan Abon dan Pempek Berbahan Ikan 

 
Kepala DP3APPKB Linae Victoria Aden foto bersama peserta usai membuka kegiatan pelatihan pembuatan abon dan pempek berbahan ikan bagi perempuan industri rumahan di Kota Palangka Raya, Kamis (8/9/2022). (Media Dayak/MMC Kalteng)
Palangka Raya, Media Dayak
Pemprov Kalteng melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Provinsi Kalteng menggelar Pelatihan Pembuatan Abon dan Pempek Berbahan Ikan bagi Perempuan Industri Rumahan di Kota Palangka Raya. Acara ini berlangsung di Aula Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Prov Kalteng, Kamis (8/9/2022).
 
Kepala DP3APPKB Linae Victoria Aden menyampaikan dalam rangka meningkatkan kualitas hidup perempuan di bidang ekonomi/kewirausahaan untuk mendukung penguatan ekonomi keluarga dan ketahanan keluarga, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mengembangakan industri rumahan berbasis potensi sumber daya alam lokal.
 
“Industri rumahan merupakan suatu industri skala mikro dan umumnya memanfaatkan atau menghasilkan produk berupa barang jadi yang memberi  nilai tambah dan dikerjakan dirumah (bukan di suatu pabrik), secara khusus ataupun sebagai kerja paruh waktu dengan memanfaatkan sarana prasarana serta peralatan produksi lainnya yang dimiliki oleh perseorangan/kelompok usaha Bersama/koperasi,” tutur Linae Aden saat membuka pelatihan 
 
Ia mengatakan untuk merealisasikan program tersebut, Pemprov Kalteng melalui DP3APPKB telah mengalokasikan dana yang bersumber dari APBD untuk memperkuat industri rumahan dengan kegiatan pelatihan pembuatan abon dan pempek berbahan ikan bagi perempuan industri rumahan di Kota Palangka Raya tahun 2022.
 
Kadis P3APPKB Kalteng ini berharap melalui pelatihan pembuatan abon dan pempek berbahan ikan bagi perempuan industri rumahan di Kota Palangka Raya tahun 2022, dapat menciptakan peluang usaha yang luas dan membuka lapangan kerja bagi perempuan sehingga dapat meningkatkan usaha pendapatan bagi  perempuan.
 
Pembukaan Pelatihan Pembuatan Abon dan Pempek Berbahan Ikan bagi Perempuan Industri Rumahan di Kota Palangka Raya
 
Sementara itu, Kepala Bidang Kualitas Hidup Perempuan, DP3APPKB Provinsi Kalteng Mariana selaku Ketua Panitia menyampaikan tujuan dari kegiatan ini guna meningkatkan ketrampilan dan keahlian untuk perempuan industri rumahan dalam pengembangan industri rumahan.
 
“Serta menambah ilmu pengetahuan tentang cara membuat abon dan pempek berbahan dasar ikan serta meningkatkan kapasitas  dan SDM bagi perempuan industri rumahan untuk mampu berkreasi dan bersaing dalam pengolahan berbahan dasar ikan,” ungkapnya.(MMC/Ytm/Lsn)
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait